Gelar Kharisma Event Nusantara, Sandiaga Uno: Lokomotif Penggerak Ekonomi Masyarakat

Minggu, 11 April 2021 - 09:37 WIB
loading...
Gelar Kharisma Event Nusantara, Sandiaga Uno: Lokomotif Penggerak Ekonomi Masyarakat
Menparekraf Sandiaga Uno menerangkan, Kharisma Event Nusantara 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi titik awal kebangkitan industri event di Indonesia, setelah vakum selama 1 tahun terakhir. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kharisma Event Nusantara 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi titik awal kebangkitan industri event di Indonesia, setelah vakum selama 1 tahun terakhir.

"Pemerintah sudah memulai berarti dunia usaha, masyarakat, komunitas, institusi pendidikan, dan juga media bisa mensosialisasikan bahwa panduan protokol kesehatan sudah ada, silakan menyelenggarakan event dengan tentunya terus bersinergi bersama pemangku kepentingan yang lain," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno .

Hal tersebut dikatakan pada peluncuran Kharisma Event Nusantara 2021, Sabtu Malam, (11/5/2021).



Sandiaga mengatakan Kementerian Parekraf selama ini telah menerima banyak proposal permohonan dari pemerintah daerah untuk mengadakan event, kini berbagai kegiatan tersebut bisa dijalankan."Pada dasarnya ini sebagai launching dari event-event yang ada di daerah-daerah," ungkapnya.

Dia mengatakan beberapa event daerah sudah mulai berjalan dan diharapkan pada semester kedua tahun ini akan lebih banyak lagi event yang berjalan. Dengan semakin masifnya vaksin di masyarakat, event diyakini bisa lebih banyak lagi.

"Kita ingin bangkit ya, harapannya masyarakat semangat, sektor-sektor mulai menggeliat dan dampak dari event ini dahsyat. Menurut saya akan membuat kita lebih kuat dan Insya Allah ekonomi rakyat kembali bergerak, membuka lapangan kerja seluas- luasnya," jelasnya.

Sandi mengatakan Kharisma Event Nusantara ingin menyampaikan dua pesan kepada masyarakat. "Kita ingin mengirimkan pesan yang jelas. Pertama, yang tegas bahwa event itu bukan pemicu penularan Covid-19, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, event bisa diselenggarakan, dan bisa menjadi salah satu lokomotif agar ekonomi masyarakat kembali bergerak," katanya.

Kedua, gelaran tersebut diadakan untuk mengirim pesan, memberikan semangat dan motivasi para penyelenggara event di daerah di provinsi di kabupaten di kota-kota di seluruh Indonesia sampai ke level desa bahwa selama dilakukan dengan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE), dan berkoordinasi dengan aparat setempat, event bisa digelar.

Sandiaga mengatakan even penting untuk menghadirkan geliat ekonomi kembali, khususnya setelah 1 tahun ini event tidak bergerak. Ada 34 juta lebih masyarakat yang tergabung dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)