Ayo Makan Ikan Aja! Dijamin Tak Ada Lonjakan Harga hingga Lebaran

Selasa, 13 April 2021 - 17:16 WIB
loading...
Ayo Makan Ikan Aja! Dijamin Tak Ada Lonjakan Harga hingga Lebaran
Memasuki hari pertama puasa Ramadhan, harga ikan di Pasar Ikan Modern Muara Baru cenderung stabil dibandingkan dengan komoditas pangan lainnya di pasaran. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Memasuki hari pertama puasa Ramadhan, harga komoditas perikanan di Pasar Ikan Modern Muara Baru cenderung stabil dibandingkan dengan komoditas pangan lainnya di pasaran. Perum Perikanan Indonesia atau Perum Perindo selaku pengelola pasar ikan , memastikan tidak ada kenaikan yang signifikan selama pelaksanaan Ramadhan 2021.



Bahkan, Perum Perindo memprediksi harga ikan bakal turun pada H-7 Lebaran. Sebab, tangkapan nelayan mulai melimpah dan nelayan harus menghabiskan hasil tangkapnya agar pada saat Lebaran tidak ada tanggungan stok ikan yang menumpuk.

Direktur Operasional Perum Perindo, Raenhat Tiranto Hutabarat mengatakan, harga ikan dan hasil laut lainnya tidak mengalami lonjakan harga yang signifikan. Namun, ada kenaikan harga ikan jenis tertentu di kisaran 3% - 5%.

“Ikan yang mengalami kenaikan harga ya ikan konsumsi harian seperti Kembung, Layang, Tongkol, Cakalang dan Salem. Ikan konsumsi rumah tangga lah,” ujar dia, Selada (13/4/2021).

Adapun ikan kembung harga semula Rp34.000 per kg menjadi Rp35.000 per kg. Selain itu, harga ikan tongkol yang awalnya Rp24.000 per kg menjadi Rp25.000 per kg.

Kenaikan harga pada bulan puasa tidak meroket lantaran komoditas ikan sudah mengalami kenaikan harga pada Februari-Maret 2021 lalu. Dan harga ikan sudah terlampau tinggi. Oleh karena itu, lonjakan harga tidak akan terjadi lagi kecuali ada kelangkaan jenis ikan tertentu.

Raenhat menuturkan, ketersediaan ikan dan hasil laut lainnya di Pasar Ikan Modern Muara Baru mencukupi untuk masyarakat. Namun supply ini tidak diimbangi dengan permintaan pasar.

Para pedagang mengeluhkan kondisi pasar yang sepi pengunjung jelang Ramadhan. Hal ini lantaran kebanyakan pembeli memilih mudik ke kampung halaman pada awal puasa untuk menghindari larangan pemerintah untuk mudik pada saat Lebaran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)