INKA Pamer Bus Listrik E-Inobus di Pameran Kelas Dunia

Selasa, 13 April 2021 - 17:46 WIB
loading...
INKA Pamer Bus Listrik E-Inobus di Pameran Kelas Dunia
PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA ikut terlibat dalam Hannover Messe 2021 (HM21), adapun produk yang ditampilkan INKA dalam Pameran HM21 di antaranya adalah Bus Listrik E-Inobus. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah BUMN turut memperkenalkan hasil produksinya dalam ajang pameran industri dan perdagangan internasional Hannover Messe 2021 (HM21). Tercatat PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA ikut terlibat dalam gelaran tersebut. Adapun produk yang ditampilkan INKA dalam Pameran HM21 di antaranya adalah Bus Listrik E-Inobus .



Senior Manager Pengembangan Produk dan Teknologi INKA, Febry Pandu Wijaya mengatakan, keikutsertaan perseroan dalam ajang pameran dunia itu untuk memperkenalkan teknologi industri yang dimiliki dalam rangka mendorong percepatan digitalisasi atau making Indonesia 4.0.

“PT INKA mulai menerapkan Industri 4.0 dalam proses produksinya pada tahun 2017. Bersama dengan tim IT INKA, kami bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk merealisasikan penerapan Industri 4.0," ujar Febry, Selasa (13/4/2021)

Konsep Configurable Virtual Workstation (CVWS) telah diusulkan oleh tim ITB sebagai implementasi yang lebih sesuai dari konsep Industry 4.0 di di internal INKA tanpa mengubah industri menjadi mode otomatis penuh.



Menurutnya, konsep CVWS Industri 4.0 ini juga akan diterapkan dalam proses manufaktur Bus Listrik E-Inobus, dimana, dengan diaplikasikannya konsep itu, perseroan dapat memantau kondisi shop floor secara real time, progress produksi yang lebih akurat, jam kerja operator, dan sebagainya.

“Sampai sekarang, tim IT INKA dan kami terus menyempurnakan aplikasi Industri 4.0 untuk proses produksi kami,” tuturnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)