Anak Usaha Hutama Karya Bakal IPO di Semester II/2021

Jum'at, 16 April 2021 - 23:22 WIB
loading...
Anak Usaha Hutama Karya Bakal IPO di Semester II/2021
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Anak usaha PT Hutama Karya (Persero) akan segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Initial Public Offering (IPO). Adalah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) yang akan didorong untuk IPO pada tahun ini.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Perseroh Budi Harto mengatakan, HKI direncanakan akan IPO pada semester II tahun ini. Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan-persiapan agar target tersebut bisa terealisasi.

“Pertama akan kami lakukan (IPO) adalah HK Infrastruktur yang Insha Allah akan kami jajaki di akhir tahun ini, di semester II akhir tahun ini,” ujarnya dalam acara Webinar Mengukur Infrastruktur, Jumat (16/4/2021).



Dari IPO tersebut lanjut Budi, pihaknya menargetkan bisa meraup dana segar sebesar Rp2 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perseroan.

HKI sendiri ini saat ini tengah mengerjakan sejumlah proyek yakni jalan tol. Seperti misalnya, Tol Indralaya-Prabumulih, Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tol Binjai-Pangkalan Brandan, Tol Taba Penanjung–Bengkulu, dan Tol Padang-Sicincin.

Sementara itu, ada sejumlah proyek yang sudah selesai meliputi jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Tol Medan-Binjai Seksi 1 , Tol Palembang-Indralaya, Tol Medan-Binjai Seksi 2 (Helvetia – Sei Semayang) dan Seksi 3 (Sei Semayang – Binjai), dan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

“Kami harapkan dari IPO HK Infrastruktur ini kami bisa dapat dana segar sebesar Rp2 triliun, sehingga kami bisa kembangkan HK Infrastruktur lebih maju lagi,” jelasnya.



Selain HKI, Hutama Karya juga menargetkan dua entitas anak lainnya untuk bisa melantai di bursa efek Indonesia. Adalah PT Hakaaston dan PT HK Realtindo (HKR) yang ditargetkan bisa melantai di pasar modal masing-masing di 2022 dan 2023.

Hakaaston sendiri bergerak di bidang usaha aspal beton (hot mix), beton ready mix, jasa konstruksi, dan perdagangan. Sedangkan, HK Realtindo memiliki bisnis yang berkaitan dengan sektor properti.

“Jadi, program kami setiap tahun satu. Tahun ini kami harapkan HK Infrastruktur, kemudian tahun depan Hakaaston dan 2023 HK Realtindo. Dengan demikian saya kira kami akan bisa persiapkan dengan baik sehingga kami bisa hasilkan yang baik juga,” jelasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)