Siap-siap! Konsumsi Daging Ayam Diproyeksi Naik 15% Jelang Lebaran

Senin, 26 April 2021 - 15:57 WIB
loading...
Siap-siap! Konsumsi Daging Ayam Diproyeksi Naik 15% Jelang Lebaran
Konsumsi daging serta telur ayam ras diproyeksi naik menjelang perayaan Lebaran. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Permintaan daging dan telur ayam ras selama Hari Besar Keagaamaan Nasional (HBKN) Munggahan Puasa Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 diprediksi meningkat meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pergerakan ekonomi yang mulai bangkit juga membuat daya beli masyarakat mulai tumbuh kembali sehingga berdampak pada konsumsi. Permintaan masyarakat terhadap daging dan telur ayam ras menjelang bulan puasa tahun 2021 terpantau meningkat 13% dan telah berlangsung selama satu minggu.



"Selama puasa 1-3 minggu permintaan kembali mengalami penurunan 5% sampai kembali normal. Pada saat puasa 3-4 minggu dan menjelang hari raya Idul Fitri permintaan diprediksi mengalami peningkatan sebesar 15%," ungkap Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Nasrullah di Jakarta (26/4/2021).

Dia menambahkan, ketersediaan daging ayam ras pada bulan April 2021 cukup untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa. Potensi ketersediaan daging ayam ras bulan April sebanyak 336.311 ton sedangkan kebutuhan daging ayam ras bulan April sebanyak 266.536 ton dan berpotensi surplus sebanyak 69.775 ton.

Potensi ketersediaan daging ayam ras bulan Mei yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri adalah sebanyak 341.359 ton. Untuk kebutuhan daging ayam ras bulan Mei dikalkulasikan sebanyak 288.237 ton, sehingga berpotensi surplus sebanyak 53.122 ton.

Ketersediaan telur ayam ras pada bulan April juga menunjukkan potensi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama puasa dan lebaran Idul Fitri. Potensi ketersediaan telur ayam ras bulan April sebanyak 441.996 ton, kebutuhannya sebanyak 438.064 ton dan potensi surplus sebanyak 3.932 ton.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan saat ini pemerintah terus berkomitmen untuk membenahi sektor perunggasan nasional demi meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat.



"Kami upayakan stabilitas perunggasan nasional ini utamanya untuk kesejahteraan peternak. Pemerintah juga akan mendengarkan usulan berbagai pihak," kata SYL.

Kementerian Pertanian menyampaikan dinamika peruggasan nasional dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain, ayam potong yang beredar dalam bentuk bentuk hidup (livebird) lebih dari 80%. Sementara harga livebird sangat dipengaruhi oleh volume supply di kandang dan pangkalan ayam.

Faktor lainnya adalah pola konsumsi bersifat musiman (seasonal), rentan terhadap issue, main product unggas adalah komoditi dalam bentuk livebird dan karkas. Karakteristik komoditi orientasinya adalah pricing (kerap perang harga), fragmented, dari hulu-hilir parsial, dan adanya gap kepentingan farm-RPHU-konsumen.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4013 seconds (0.1#10.140)