Setahun Lebih Rusak, GIS Bantu Perbaiki Jembatan Gantung Karang Bolong

Kamis, 29 April 2021 - 23:12 WIB
loading...
Setahun Lebih Rusak, GIS Bantu Perbaiki Jembatan Gantung Karang Bolong
Lebih dari setahun rusak, akhirnya perbaikan jembatan gantung Sungai Karang Bolong selesai dilakukan. Perusahaan distributor baja PT Gunung Inti Sempurna hadir sebagai donatur tunggal. Foto/Dok
A A A
CIBITUNG - Lebih dari setahun rusak, akhirnya perbaikan jembatan gantung Sungai Karang Bolong selesai dilakukan. Bantuan donatur tunggal, dalam hal ini perusahaan distributor baja PT Gunung Inti Sempurna, berperan besar dalam pembangunan jembatan yang memiliki peran vital bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah, akhirnya selesai juga. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi, mengucapkan banyak terimakasih kepada PT GIS yang kembali menunjukkan kepedulian. Bantuan tersebut sangat besar artinya bagi pembangunan jembatan. Apalagi, bukan kali ini saja perusahaan memberikan bantuan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman, seusai peresmian jembatan gantung Sungai Karangbolong.



Menurut Eka, jembatan Karang Bolong memang memiliki nilai ekonomi, wisata, dan sosial penting bagi warga. Jembatan yang menghubungkan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade ini dipergunakan warga untuk menjual hasil pertanian. Apalagi, pasar induk terletak di Surade.

Setahun Lebih Rusak, GIS Bantu Perbaiki Jembatan Gantung Karang Bolong


Sementara sektor wisata, di lokasi tersebut terdapat destinasi pantai alami dan wisata religi. Selain itu, jembatan yang memiliki panjang 50 meter dan lebar 1,2 meter ini juga dipergunakan untuk aktivitas sosial dan pendidikan, antara lain digunakan oleh anak-anak ketika mengaji atau bersekolah.

“Nah, ketika jembatan ini rusak, maka warga termasuk anak-anak harus menyeberang dengan rakit. Kalau pun memilih berputar, mereka harus menempuh jarak yang jauhnya 3-4 kali lipat,” kata Eka.

Sebelum diperbaiki, lanjut Eka, kondisi jembatan memang rusak parah. Jembatan lama yang terbuat dari bambu yang disambung-sambung tersebut sudah lapuk, sehingga tidak bisa dipergunakan lagi. “Tetapi syukurlah, dengan bantuan PT GIS, jembatan bisa dibangun dengan material baja yang kuat,” kata dia.

PT GIS memang tidak sekali memberi donasi terhadap perbaikan jembatan. Sebelumnya, perusahaan juga menyumbang material jembatan bagi perbaikan Jembatan Cibalagung di Kecamatan Cidahu Sukabumi.

Untuk perbaikan jembatan Karangbolong sendiri, jelas Direktur PT Gunung Inti Sempurna Liwa Supriyanti, perusahaan memberi bantuan berupa material jembatan pada awal April 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)