Ritel Tahun Ini Bisa Bangkit dari Kubur, Ini Syaratnya

Senin, 03 Mei 2021 - 10:49 WIB
loading...
Ritel Tahun Ini Bisa Bangkit dari Kubur, Ini Syaratnya
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sektor ritel menjadi salah satu yang paling terdampak Covid-19. Mengingat, bisnis tersebut terganggu karena adanya pembatasan-pembatasan dan penutupan yang sempat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Namun, perlahan tapi pasti kini industri ritel sudah mulai menunjukan tanda-tanda perbaikan meskipun angkanya masih sangat jauh dari kondisi normal. Apalagi, aktivitas masyarakat juga sudah kembali dibuka meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Lantas bagaimana dan faktor apa saja yang bisa membuat sektor ritel cepat bangkit dan kembali normal? Head of Retail Services Colliers Internasional Indonesia Sander Halsema mengatakan ada bebeapa yang dapat membantu sektor ritel untuk pulih lebih cepat. Pertama adalah kecepatan dari pemerintah melakukan vaksinasi. Program vaksinasi ini menjadi salah satu kunci untuk memastikan seberapa cepat sektor ritel akan pulih. Semakin cepat program vaksinasi maka kemungkinan untuk cepat rebound akan sangat besar. “Meningkatnya jumlah orang yang divaksinasi (faktor pendorong reboundnya sektor ritel),” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Senin (3/5/2021).



Selain itu, para pengusaha ritel juga harus tetap secara konsisten untuk menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Karena menurutnya, dengan penerapan protokol Kesehatan yang displin, kepercayaan kepada para pengunjung juga akan datang dengan sendirinya. “Serta operator pusat perbelanjaan dan retailer yang tetap dengan patuh memberlakukan protokol kesehatan, seharusnya meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mengunjung pusat perbelanjaan. Hal tersebut akan berdampak positif terhadap kinerja ritel dan bagi pusat perbelanjaan,” jelasnya.



Sementara untuk jangka pendek, momen ramadhan dan lebaran idul fitri bisa mendongkrak kinerja sektor ritel. Apalagi dengan tidak adanya mudik, di mana masyarakat akan memilih untuk menghabiskan waktu liburan di pusat perbelanjaan atau mal. “Kinerja penjualan ritel biasanya mencapai puncaknya selama bulan ramadan dan Idul Fitri. Jadi, retailers akan mendapat keuntungan dari musim Ramadan dan Idul Fitri. Bahkan dalam kondisi saat ini, kinerja ritel diproyeksikan meningkat meski tidak sebesar sebelum pandemi,” jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)