Pemulihan Ekonomi Global Tersendat Peningkatan Kasus Covid-19

Selasa, 04 Mei 2021 - 03:43 WIB
loading...
Pemulihan Ekonomi Global Tersendat Peningkatan Kasus Covid-19
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemulihan ekonomi global masih dibayangi melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa negara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemulihan ekonomi global masih dibayangi melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa negara. Seperti diketahui belakangan, kasus Covid-19 kembali meningkat di benua Eropa hingga India.

"Meski demikian optimisme terhadap pemulihan ekonomi global ini terus dibayangi dengan melonjaknya kasus covid 19 juga secara global terutama di berbagai negara yang termuat di berbagai berita akan jadi bayangan dan down side risk," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (3/5/2021).



Dia menambahkan proyeksi IMF, pertumbuhan ekonomi global direvisi ke atas dari 5,5% menjadi 6% pada tahun ini. "Vaksinasi global di sejumlah negara maju dorong optimisme Pemulihan ekonomi lebih cepat," katanya

Sementara itu di dalam negeri, pemulihan ekonomi terlihat dari menguatnya Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur. Kemudian pertumbuhan volume perdagangan global sera peningkatan harga komoditas. Di samping itu vaksinasi global juga berlangsung cepat.



"Arah pemulihan ekonomi domestik terlihat sejalan menurunnya kasus covid di Indonesia dan didukung perkembangan program vaksinasi secara nasional hingga Maret 2021, sejumlah indikator ekonomi ini tunjukan arah perbaikan, data PMI telah berada zona ekspansif," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)