Airlangga Optimistis Ekonomi RI Bisa 7% di Kuartal II 2021

loading...
Airlangga Optimistis Ekonomi RI Bisa 7% di Kuartal II 2021
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Pemerintah menyakini pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 akan berada di jalur positif dan Indonesia bisa keluar dari jurang resesi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ekonomi Indonesia di kuartal II-2021 akan tumbuh di kisaran 6,7% sampai 7%.

Baca juga:Ramai Kasus Investasi 212 Mart, Perencana Keuangan: Hilangkan Aspek Emosional

"Di Q2-2021 berbagai lembaga berdasarkan mereka punya proyeksi konsensusnya antara 6,7%, Bloomberg sampai 7,1% ini terjadi kenaikan di kuartal ke II-2021. Demikian pula secara year on year diperkirakan pertumbuhan berbagai lembaga di tahun ini bisa sampai 4,9% yang tertinggi dan yang terendah 4,3%, sedangkan tahun depan antara 5-5,8%," ujar Airlangga dalam video virtual, Rabu (5/5/2021).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai sesuai prediksi di atas. Mengingat kuartal II-2020 Indonesia mengalami kontraksi yang cukup dalam yakni -5,32%.



"Pemerintah yakin kita bisa tumbuh di kuartal II lebih baik karena berdasarkan chart yang ada itu Q2 tahun lalu based-nya itu relatif rendah. Oleh karena itu pemerintah confidence angka 6,9 atau 7% bisa tercapai di kuartal II," bebernya.

Dia menambahkan pemulihan ekonomi di 2021 ini sudah sesuai dengan yang diperkirakan. Meski masih resesi, ekonomi Tanah Air semakin menunjukkan tren positif.

Baca juga:Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa

"Peran pemerintah sangat tinggi, karena tentu konsumsi pemerintah di kuartal I terbukti. Ini dari apa yang dilakukan pemerintah menghasilkan persentase yang lebih baik 2,96%," tandasnya.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top