Pembangunan Smelter Freeport, MIND ID Masih Diskusi dengan Tsingshan

Sabtu, 08 Mei 2021 - 21:12 WIB
loading...
Pembangunan Smelter Freeport, MIND ID Masih Diskusi dengan Tsingshan
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertambangan Mind ID buka-bukaan tentang rencana pembangunan smelter oleh PT Freeport Indonesia (PTFI). Hingga kini, pembangunan smelter tersebut masih belum terlaksana.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan, pihaknya sejauh ini memiliki dua opsi untuk pembangunan smelter PTFI. Pertama adalah di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur dan yang kedua di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara.

Semula, pembangunan smelter akan dilakukan di Gresik, namun karena adanya pandemi Covid-19 terpaksa berhenti. Kemudian, perusahaan Tsingshan Steel datang menawarkan pembangunan smelter di Halmahera dengan biaya yang lebih murah dan pengerjaan yang lebih cepat.

Mengenai pembangunan smelter di Halmahera, Orias mengaku masih dalam proses diskusi dan belum ada keputusan apapun yang diambil. Hal ini sekaligus membantah kabar yang menyebutkan PTFI menolak rencana kerja sama dengan Tsingshan yang sebelumnya sempat beredar.



"Awalnya kan bangun di Gresik, tapi karena Covid-19 semua berhenti. Saat berhenti, Tsingshan nawarin katanya lebih cepat dan murah. Kita masih diskusi semurah apa, soal timing dan kualitas juga," ujarnya kepada media, dikutip pada Sabtu (8/5/2021).

Orias pun menargetkan agar keputusan pembangunan smelter PTFI bisa diputuskan segera. Ditargetkan, setelah lebaran atau antara Juni dan Juli keputusan lokasi pembangunan smelter bisa segera dilakukan.

Sehingga, pembangunan smelter untuk PTFI ini bisa segera rampung tepat waktu. Adapun target pembangunan smelter ada di tahun 2023. "Setelah lebaran semoga ini bisa diputuskan dimana. Dua duanya punya kurang lebihnya masing masing," jelasnya.

Namun, jika kerjasama dengan Tsingshan tak terwujud maka PTFI masih bisa berfokus merampungkan proyek smelter di JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Pasalnya, saat tawaran dari Tsingshan datang, proyek smelter di Gresik tetap berjalan terus. “Semuanya kita lakukan outstanding, kalaupun missed di Tsingshan kan masih bisa di JIIPE, kita lanjutkan saja di JIIPE," kata Orias.



Sekedar informasi, rencana pembangunan smelter di Weda Bay memiliki kapasitas sebesar 2,4 juta ton dengan biaya sekitar USD2,5 miliar. Sedangkan untuk kapasitas smelter Freeport di Gresik awalnya direncanakan sebesar 2 juta ton dengan investasi sekitar USD3 miliar.

Namun, dalam beberapa waktu belakangan kapasitasnya dipangkas menjadi 1,7 juta ton. Sedangkan 300.000 ton lainnya ditutupi melalui pengembangan smelter tembaga eksisting di PT Smelting.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3181 seconds (0.1#10.140)