Resmi Merger, Gojek-Tokopedia Bentuk Entitas Baru: GoTo

Senin, 17 Mei 2021 - 13:28 WIB
loading...
Resmi Merger, Gojek-Tokopedia Bentuk Entitas Baru: GoTo
Gojek dan Tokopedia resmi merger hari ini membentuk entitas baru Goto. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Gojek dan Tokopedia resmi memperkenalkan GoTo yang merupakan hasil merger kedua perusahaan tersebut. Hal tersebut diketahui dari keterangan resmi dan tayangan video di akun YouTube resmi Tokopedia.

Disebutkan, pembentukan Grup GoTo mengombinasikan layanan e-commerce, on-demand, dan layanan keuangan dan pembayaran, menciptakan platform pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan tiga layanan penting dalam satu ekosistem.



"Berawal dari misi yang sama, Gojek & Tokopedia #BersatuUntukKamu demi mendorong kemajuan dan memberi kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami dengan bangga memperkenalkan GoTo," tulis deskripsi dalam tayangan video tersebut, Senin (17/5/2021).

GoTo merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini. Ekosistem Grup GoTo diklaim mewakili 2% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan akan semakin berkembang melayani 270 juta konsumen Indonesia, serta pasar negara berkembang lainnya di Asia Tenggara.

GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global. Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Jaringan mitra usaha serta mitra driver di dalam Grup GoTo yang saling melengkapi akan menghadirkan pilihan barang dan jasa yang tak tertandingi, didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan.



"Grup GoTo akan membuka semakin banyak peluang penghasilan bagi jutaan mitra driver, pelaku UMKM dan wirausaha lainnya," tulis keterangan resmi tersebut.

Kesepakatan ini didukung oleh jajaran investor utama kedua perusahaan, termasuk Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

Berdasarkan putaran penggalangan dana Gojek di tahun 2019 dan Tokopedia di awal tahun 2020, total valuasi dari kedua perusahaan tersebut adalah USD18 miliar.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)