Ekonomi Bali Minus, Menparekraf Apresiasi Kadin Gelar Munas di Bali

Rabu, 19 Mei 2021 - 14:27 WIB
loading...
Ekonomi Bali Minus, Menparekraf Apresiasi Kadin Gelar Munas di Bali
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa Bali merupakan satu-satunya provinsi yang pertumbuhan ekonominya masih minus di kuartal I. Padahal, pertumbuhan ekonomi sudah bergerak positif.

"Dalam ekonomi kuartal I yang sudah mulai membaik, Bali satu satunya provinsi yang teregister minus 9 persen. Sampai sekarang Bali masih berjuang," ujarnya dalam silaturahmi dan diskusi dengan perwakilan Kadin dan asosiasi sektor pariwisata di Kantor Kemenparekraf, Rabu (19/5/2021).

Untuk itu, Sandi menyambut baik langkah yang diambil Kadin untuk menyelenggarakan musyawarah nasional (munas) di Bali yang diharapkan membantu mendorong pemulihan ekonomi di pulau Dewata.



"Kami sangat mengapresiasi munas yang akan diselenggarakan di Bali, karena Bali sangat membutuhkan event skala nasional yang besar dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Konsepnya adalah hybrid dengan multi stage gathering," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pariwisata Kosmian Pudjiadi mengungkapkan, pihak akan bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk membangun ekonomi kreatif dan pariwisata. Menurut dia, pariwisata harus dijadikan ujung tombak dalam pemulihan ekonomi.

"Pariwisata tidak bisa jalan sendiri dan harus didukung oleh semua pihak karena menghidupkan semua industri dan pemerintah serius menjadikan sektor pariwisata ujung tombak dalam pemulihan ekonomi," ucapnya.



Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM, Teguh Anantawikrama mengatakan bahwa Kadin berniat membangun pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif pertumbuhan yang baru. Sebab, jika tidak melakukan apa-apa, maka ekonomi Indonesia tidak akan bangkit secepat yang dibayangkan.

"Untuk itulah kami memperlihatkan bahwa kita datang bersama-sama di sini, menunjukan kebersamaan kita untuk bersama mendukung program Menparekraf," ujarnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)