Menteri Arifin Minta ke Pejabat ESDM Jauhkan Mentalitas Ini

Sabtu, 22 Mei 2021 - 12:21 WIB
loading...
Menteri Arifin Minta ke Pejabat ESDM Jauhkan Mentalitas Ini
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta, kepada para pejabat di lingkungan kementeriannya untuk menjauhi mentalitas ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta, kepada para pejabat di lingkungan kementeriannya untuk menjauhi mentalitas silo (tidak mau berbagi). Ia menekankan, supaya para pemimpin mampu membangun teamwork yang kuat, dikerjakan secara gotong royong.

"Sinergi dan kerja sama adalah suatu keharusan. Untuk itu, saya minta munculkan komitmen baru dan semangat kerja sama yang semakin erat dan bekerja dengan hati, kepedulian dan etika," jelas Menteri Arifin di Jakarta, Sabtu (22/5/2021).



Sambung dia menyoroti sejumlah tantangan baru sektor energi dan mineral di masa pandemi Covid 19. Pesan khusus ini disampaikan oleh Arifin saat melantik dan merotasi Pejabat dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian ESDM

"Saya minta Saudara dapat memahami berbagai tantangan pada masing-masing unitnya sekaligus mampu menjawab tantangan itu sendiri dalam waktu cepat," kata Arifin.

Selanjutnya, ia berpesan kepada para Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Kementerian ESDM untuk bekerja secara profesional, sungguh-sungguh dan berintegritas tinggi demi kepentingan organisasi.

"Rotasi dan promosi jabatan akan terus menerus terjadi dalam organisasi, karena hal itu merupakan kebutuhan organisasi dan pembinaan karier PNS. Saya mengingatkan agar Saudara dapat melaksanakan tugas sesuai kewenangan dan untuk kepentingan organisasi," kata Arifin.

Seorang pemimpin, sambung Arifin, sudah seharusnya menjadi contoh (role model) bagi bawahannya dalam melaksanakan tugas dan berperilaku. "(Anda) harus dapat mengelola sumber daya yang ada," tegasnya.

Arifin mengingatkan bahwa jabatan yang diemban para Pejabat Pimpinan Tinggi tidak melekat selamanya dan merupakan sebuah amanah dan kepercayaan yang semestinya dilakukan dengan penuh tangguh jawab.

"Kinerja Saudara akan dievaluasi termasuk jabatan Saudara akan dievaluasi apabila tidak mencapai target kinerja yang telah ditetapkan," pungkas Arifin.



Pada acara pelantikan tersebut, Arifin melantik dan mengambil sumpah 8 (delapan) Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Kementerian ESDM. Sebanyak empat pejabat mendapatkan promosi, yaitu Dwi Anggoro Ismukurnianto (Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi), Sunindyo Suryo Herdadi (Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara), Waskito Tunggul Nusanto (Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi), dan Totoh Abdul Fatah (Kepala Biro Umum Setjen DEN).

Sementara empat pejabat lainnya mengalami rotasi, yaitu Yose Rizal (Sekretaris Inspektorat Jenderal), Mohamad Priharto Dwinugroho (Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM), Bambang Utoro (Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara), dan Yuli Rachwati (Sekretaris BPH Migas).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)