Hati-hati Main Kripto, Belajar Dulu Kalau Pengen Cuan

Kamis, 27 Mei 2021 - 11:17 WIB
loading...
Hati-hati Main Kripto, Belajar Dulu Kalau Pengen Cuan
Ilustrasi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Mata uang digital atau kripto akhir-akhir ini semakin ramai menjadi perbincangan publik. Pasalnya, kripto dianggap sebagai instrumen investasi baru yang potensial tapi juga dianggap mengkhawatirkan karena memiliki risiko tinggi.

“Perlu diketahui bitcoin termasuk currency atau mata uang sementara. Kalau kita lihat di mana mata uang sendiri seperti Rupiah, USD, dan Yen, itu adalah jenis transaksi yang termasuk investasi tetapi risiko itu sangat tinggi,” ujar Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (27/5/2021).



Guna meminimalisir risiko, imbuhnya, calon investor harus paham karakter dari instrumen keuangan yang digunakan. Pasalnya tanpa belajar investasi kripto risikonya sangat besar bahkan bisa kehilangan uang yang telah diinvestasikan.

Sebagaimana diketahui, kripto maupun sejenisnya merupakan aset emas digital yang awam di tengah masyarakat. Di mana mata uang rupiah dan yang lainnya digolongkan sebagai komoditas. "Nah, sebagai sebuah komoditas bisa diperjualbelikan dan investor atau tradernya itu memang bisa mendapatkan potensi keuntungan dari selisih harga jual belinya," kata dia.



Selebihnya, keuntungan dari selisih harga jual beli bisa didapat tetapi dengan catatan harga jual lebih tinggi dari harga beli. Sementara, yang terjadi bisa sebaliknya. "Yang tadinya kita transaksi itu pakai uang cash, sekarang uangnya jadi e-money,” katanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)