Digebuk Xi Jinping, Penambang Kripto Ramai-ramai Cabut dari China

Senin, 24 Mei 2021 - 16:31 WIB
loading...
Digebuk Xi Jinping, Penambang Kripto Ramai-ramai Cabut dari China
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
BEIJING - Penambang kripto HashCow dan BTC.TOP memutuskan menghentikan operasinya di China setelah Beijing mengintensifkan tindakan keras terhadap penambangan dan perdagangan mata uang digital itu di tengah pengawasan peraturan global yang meningkat.

Komite Dewan Negara yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He mengumumkan tindakan keras tersebut pada Jumat malam, sebagai bagian dari upaya untuk menangkis risiko keuangan. Ini adalah pertama kalinya kabinet China menargetkan penambangan mata uang virtual, bisnis yang cukup besar di ekonomi terbesar kedua di dunia yang menurut beberapa perkiraan menyumbang sebanyak 70% dari pasokan kripto global.

Operator penambangan kripto Huobi pada hari Senin menangguhkan penambangan kripto dan beberapa layanan perdagangan untuk klien baru dari China daratan. Pihaknya akan fokus bisnisnya di luar negeri. BTC.TOP, kumpulan penambangan kripto, juga mengumumkan penangguhan bisnisnya di China dengan alasan risiko peraturan, sementara penambang kripto HashCow mengatakan akan berhenti membeli rig penambangan bitcoin baru.



Penambang kripto menggunakan peralatan komputer atau rig yang semakin kuat dan dirancang khusus untuk memverifikasi transaksi koin virtual dalam proses yang menghasilkan mata uang kripto yang baru dibuat seperti bitcoin. "Penambangan Crypto menghabiskan banyak energi, yang bertentangan dengan tujuan netralitas karbon China," kata Chen Jiahe, kepala investasi kantor keluarga Novem Arcae Technologies yang berbasis di Beijing seperti dilansir dari Reuters, Senin (24/5/2021).

Tindakan keras juga merupakan bagian dari dorongan China untuk mengekang perdagangan kripto secara spekulatif. Akibatnya, Bitcoin terpukul setelah gerakan Tiongkok terbaru, dan sekarang turun hampir 50% dari level tertinggi sepanjang masa. Bitcoin merosot sebanyak 17% pada hari Minggu, sebelum mengurangi beberapa kerugian dan terakhir diperdagangkan stabil di Asia.

Di tempat lain, Ether jatuh ke level terendah dua bulan pada hari Minggu, turun 60% dari rekor puncak yang dicapai hanya 12 hari yang lalu. Perlindungan investor dan pencucian uang adalah perhatian khusus dari regulator keuangan global yang bergulat dengan apakah dan bagaimana mereka harus mengatur industri cryptocurrency. Guncangan terbaru dalam mata uang digital juga berasal dari pengawasan yang lebih ketat di Amerika Serikat. Kamis lalu, A.S.



Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan mereka menimbulkan risiko terhadap stabilitas keuangan, dan menunjukkan bahwa regulasi yang lebih besar dari mata uang elektronik yang semakin populer mungkin diperlukan. Huobi selalu berusaha untuk mematuhi kebijakan dan peraturan yang berkembang di setiap yurisdiksi, "kata Huobi dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Pendiri BTC.TOP Jiang Zhuoer mengatakan dalam posting blog mikro melalui Weibo bahwa bisnis penambangannya tidak akan lagi terbuka untuk China daratan, sementara HashCow mengatakan akan menangguhkan bisnis baru di China dengan pemberitahuan kepada klien. BTC.TOP dan HashCow tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)