Ridwan Kamil: Shopee Tak Lagi Impor-impor, Sekarang Buka Peluang UMKM Ekspor

loading...
Ridwan Kamil: Shopee Tak Lagi Impor-impor, Sekarang Buka Peluang UMKM Ekspor
Ridwan Kamil menyampaikan apresiasi buat Pak Menteri (Teten Masduki), karena Shopee ini sudah tidak lagi impor-impor. Justru sekarang impor dihentikan. Foto/Dok
JAKARTA - Upaya Shopee memajukan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui berbagai program menuai apresiasi. Salah satunya, dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil . Ridwan Kamil menilai komitmen Shopee memajukan produk UMKM nasional membuat e-commerce tersebut sebagai mitra utama RI.

“Saya ingin sampaikan apresiasi ini buat Pak Menteri (Teten Masduki), Shopee ini sudah tidak lagi impor-impor. Justru sekarang impor dihentikan, sekarang Shopee menjadi adalah mitra utama RI dalam mengekspor barang UKM sampai bikin sekolahnya. Yang lain tidak sejauh itu komitmennya,” ungkap mantan Wali Kota Bandung itu saat acara penguatan kerja sama Pemprov Jawa Barat dan Shopee.

Baca Juga: Lindungi UMKM Lokal, Shopee Batasi 13 Kategori Produk Impor

Di acara yang juga dihadiri secara virtual oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Kang Emil, sapaan akrabnya, berharap e-commerce lain bisa mencontoh program Shopee untuk UMKM.

Saat ini Shopee menjalankan berbagai program untuk UMKM, mulai dari pelatihan Go Digital hingga Go Global melalui Kampus Ekspor Shopee yang sudah berjalan di Kota Solo, Jawa Tengah.

“Jangan sampai Shopee sendiri sudah mengikuti regulasi, tapi brand-brand lain tidak. Saya rasa ini kewenangannya ada di pusat,” ucapnya.



Sementara itu, terkait kerja sama Pemprov Jabar dan Shopee Indonesia, Emil mengatakan, program tersebut akan menjadi transformasi digital termasif di Indonesia. Dengan kerja sama itu, Shopee berkomitmen memberikan 5.000 perangkat komputer yang akan didistribusikan ke desa guna percepatan digitalisasi UMKM.

“Ini peristiwa luar biasa. Transformasi digital paling masif di republik ini, ada di Jawa Barat. Nantinya akan ada 5.000 pusat digital desa yang infrastrukturnya akan didukung Shopee. Jadi revolusi digital di Jabar tidak setengah-setengah tapi langsung transformasi yang sangat cepat,” papar Kang Emil.

Baca Juga: Menuju 10.000 Eksportir Baru Asal Surakarta, Shopee dan Gibran Rakabuming Resmikan ‘Kampus UMKM Shopee Ekspor’
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top