Kampanyekan Bersepeda, Anies Usul Tempat Parkir Khusus hingga Insentif Pesepeda

Jum'at, 04 Juni 2021 - 20:23 WIB
loading...
Kampanyekan Bersepeda, Anies Usul Tempat Parkir Khusus hingga Insentif Pesepeda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersepeda di Jakarta, Kamis (3/6/2021). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc
A A A
JAKARTA - Pemerintah provinsi DKI Jakarta terus mendorong kampanye bersepeda, salah satunya dengan menyiapkan prasarana untuk pesepeda. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap gedung-gedung dan pertokoan menyediakan parkir untuk sepeda. Dia berharap 10% tempat parkir bisa diperuntukan bagi pesepeda.

“Sekaligus juga di Jakarta termasuk gedung dan pertokoan diharapkan sediakan parkir untuk sepeda, 10% dari tempat parkir untuk sepeda,” ujarnya dalam acara peringatan Hari Sepeda Sedunia sekaligus kick off Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2021, Jumat (4/6/2021).

Selain itu, Anies juga meminta kepada perusahaan untuk menyediakan tempat mandi. Sehingga, pekerja yang berangkat kerja menggunakan sepeda bisa mandi di tempat kerja. “Lalu kita menganjurkan kepada perusahaan menyediakan tempat untuk mandi,” ucapnya.

Baca juga: Anies: Idealnya Jakarta Miliki Jalur Sepeda Sepanjang 500 Km

Selain itu, Anies juga meminta agar perusahaan memberikan insentif kepada karyawan yang menggunakan sepeda. Sebagai salah satu contohnya adalah perusahaan bisa memberikan insentif kredit sepeda atau subsidi premi asuransi bagi mereka yang menggunakan sepeda.

“Yang kami untuk dorong perusahaan kantor memberikan insentif yang menggunakan sepeda. Misalnya diberikan insentif kredit sepeda, subsidi premi asuransi, kemudahan dalam berkegiatan di kantor sehingga ada insentif tambahan mau gunakan sepeda,” ucapnya.

Baca juga: Menhub Ajak Masyarakat Biasakan Naik Sepeda Menuju Simpul Transportasi Umum

Anies juga mengusulkan perusahaan bisa menyediakan sepeda untuk aktivitas karyawannya seperti membeli makanan ataupun aktivitas jarak pendek lainya. Dengan begitu, lanjut Anies, diharapkan suasana kota urban yang lebih sehat secara umum bisa terasa.

“Kalau boleh usul kalo belum bisa ke kantor naik sepeda di kantor bisa sediakan sepeda untuk beli makan naik sepeda atau berkegiatan pendek naik sepeda. Sehingga bisa memanfaatkan sepeda untuk bertransportasi,” jelasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3145 seconds (11.210#12.26)