Wapres Maruf Amin: Menaker Telah Lakukan Langkah Tepat!

Selasa, 08 Juni 2021 - 15:27 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin: Menaker Telah Lakukan Langkah Tepat!
Wapres KH Maruf Amin dalam acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan & Peresmian BLK-Komunitas Tahun 2021, di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jabar, Selasa (8/6/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden KH Maruf Amin mengapresiasi kinerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang dinilai telah melakukan langkah tepat dalam upaya pemulihan sektor ketenagakerjaan di Indonesia.

Apresiasi itu disampaikan Wapres, dalam acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan & Peresmian Balai Latihan Kerja Komunitas (BLK-K) Tahun 2021, di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (8/6/2021).



Wapres hadir meresmikan penggunaan BLK Komunitas sebanyak 1.014 yang dibangun tahun 2020 secara serentak. Peresmian itu juga dihadiri Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar.

Dalam sambutannya, Wapres menjelaskan bahwa pembangunan sumber daya manusia merupakan program prioritas pembangunan pertama di Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin. "Hal ini sebagai bentuk kesigapan kita untuk menghadapi era disrupsi. Dalam era ini kompetensi SDM menjadi mutlak agar tidak kalah dalam kompetisi global. Untuk itu Perlu kesiapan dan langkah strategis untuk mengantisipasinya. Dan Menaker telah melakukan langkah tepat dalam percepatan peningkatan kompetensi SDM," paparnya.

Wapres berpesan agar pembangunan BLK Komunitas sebagai lembaga pelatihan vokasi di lembaga keagamaan ini akan mampu mencetak dan melahirkan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan Teknologi. Sebab kecakapan ini yang nantinya akan berperan dalam kehidupan bermasyarakat dan menang dalam persaingan global.



Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah menjelaskan bahwa pembangunan Balai Latihan Kerja Komunitas merupakan salah satu program terobosan pemerintah untuk memperluas akses vokasi bagi masyarakat. Khususnya di kalangan komunitas lembaga keagamaan, lembaga pendidikan agama dan serikat pekerja.

"BLK Komunitas ini menjadi penting sebagai upaya Kementerian Ketenagakerjaan mendekatkan sarana dan prasarana pelatihan dengan masyarakat di tingkat basis. BLK Komunitas ini memberikan bekal keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja dan keterampilan berwirausaha bagi para santri atau komunitas dan masyarakat sekitarnya," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)