Ada Pesawat Garuda Ganti Kode Call Sign, Apa Artinya?

Rabu, 09 Juni 2021 - 12:50 WIB
loading...
Ada Pesawat Garuda Ganti Kode Call Sign, Apa Artinya?
Pesawat Garuda dengan kode VQ. Foto/Agus Pambagio
A A A
JAKARTA - Salah satu armada pesawat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengalami pergantian kode panggilan atau call sign, dari PK menjadi VQ. Kabar perubahan call sign itu diungkapkan pengamat penerbangan dan kebijakan publik, Agus Pambagio melalui akun media sosialnya.

Melalui Instagram, Agus membagikan sebuah foto yang menggambarkan perubahan kode yang tertera di bagian badan pesawat . "Lho kok call sign pesawat Garuda Indonesia bukan PK (Indonesia) tetapi berganti menjadi VQ (bermuda). Apa artinya?" tulis Agus dikutip MNC Portal Indonesia, Rabu (9/6/2021).



Selanjutnya, Agus pun mengungkapkan makna di balik pergantian kode tersebut. Menurutnya, hal itu terjadi karena pesawat yang disewa maskapai penerbangan nasional tersebut sudah dikembalikan kepada lessor.

"Apa artinya? Artinya pesawat yang disewa GA tersebut sudah dikembalikan atau diambil oleh lessor-nya karena GA menunggak leasing-nya," tuturnya.

Agus juga mengungkapkan bahwa pesawat Garuda Indonesia nyaris tak terlihat karena jarang dioperasikan. "Sedih saya sebagai bangsa Indonesia karena our flag carrier RI megap-megap dan manajemen maupun pemegang saham belum ada tanda-tanda upaya penanganan yang joss," tuturnya.



Sebelumnya, manajemen Garuda sendiri mengakui telah melakukan percepatan pengembalian lebih awal dua armada B737-800 NG yang belum jatuh tempo masa sewanya. Adapun percepatan pengembalian tersebut dilakukan setelah adanya kesepakatan bersama antara Garuda Indonesia dan pihak lessor pesawat, dimana, salah satu syarat pengembalian pesawat adalah dengan melakukan perubahan kode registrasi pesawat terkait.

"Hal ini merupakan langkah penting yang perlu kami lakukan di tengah tekanan kinerja usaha imbas pandemi Covid-19 dimana fokus utama kami adalah penyesuaian terhadap proyeksi kebutuhan pasar di era kenormalan baru," jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)