Selain Bitcoin, Berikut Uang Kripto Paling Diburu Saat Ini

Senin, 14 Juni 2021 - 09:39 WIB
loading...
Selain Bitcoin, Berikut Uang Kripto Paling Diburu Saat Ini
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mata uang kripto banyak jenisnya. Saat ini, Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, Litecoin, dan Ripple sebagai lima peringkat teratas yang diburu penambang. Hal itu sesuai data yang dirilis Indodax bekerjasama dengan Tokenomy dalam laporan penelitiannya yang berjudul 2020 Indodax Cryptocurrency Investor Survey. Sementara jumlah investor uang kripto di Indonesia di tahun 2020 mencapai angka 60 persen.

Salah satu bentuk sistem keuangan kripto yang memberikan kemudahan tanpa risiko yang amat besar dan saat ini trending di kalangan investor kripto adalah Decentralized Finance (DeFi). DeFi adalah sistem keuangan terbuka yang dijalankan dengan smart contract yang saat ini digunakan oleh platform mata uang kripto Ethereum, salah satu kripto terbaik setelah bitcoin.

Pakar Digital, Anthony Leong mengatakan bahwa DeFi merupakan salah satu produk dalam ekosistem blockchain yang memiliki fungsi yang sangat banyak. Anthony memberikan contoh produk kripto dengan sistem DeFi yakni Merlin Lab. Merlin Lab merupakan produk DeFi yang berperan sebagai Yield Aggregator dengan fungsi yang mirip dengan deposito.



"Tidak hanya keunggulan DeFi didalamnya, cukup dengan membeli dan mendepositokan koin Merlin Lab juga, maka kita akan mendapatkan reward berupa koin BNB, ETH, dan BTC yang tentunya jika dijual akan bernilai tinggi. APY yang ditawarkan di Merlin Lab cukup tinggi, yakni kisaran 600 persen. Nilai plus lainnya adalah kita akan terhindar dari risiko impermanent loss apabila kita deposito produk likuiditas kripto," ujar Anthony dalam keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

Adapun keunggulan dari setiap platform digital aset itu berbeda, misalkan Merlin Lab ada yang namanya sistem pool cake maximizer, pengguna dapat mendepositokan aset di pool BTCB-BNB, kemudian Pool BTCB-BNB menghasilkan hadiah CAKE dengan APY 20 persen, lalu Alih-alih mengonversi hadiah CAKE Anda menjadi BTCB-BNB menjadi compound otomatis seperti agregator hasil lainnya di pasar, Merlin Lab secara otomatis menginvestasikan kembali CAKE Anda ke kumpulan APY CAKE yang lebih tinggi dengan APY 140 persen.

"Ini sangat dinamis tergantung jumlah investasi yang kita tanamkan. Dan BNB-MERL pool juga sudah diluncurkan dengan APY 8000 persen saat ini. Ini sangat beragam sekarang investasi di dunia kripto," kata dia.



Keuntungan besar dan dengan kemudahan yang diberikan DeFi tentu tidak bisa lepas juga dari sejumlah tantangan. Salah satunya yaitu ancaman keamanan yang bisa saja terjadi oleh investor kripto DeFi yang merupakan sistem keuangan kripto yang bersifat terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja dengan bentuk transaksi yang dapat beragam. Sehingga, kegiatan investasi dan transaksi lainnya dengan uang kripto diharapkan tidak lepas dari pengawasan.

“DeFi memberikan banyak kelebihan bagi investasi kripto, namun bukan berarti harus lepas dari prinsip kehati-hatian. Sehingga penting bagi investor untuk menimbang kembali apabila ingin menggunakan sistem DeFi ini,” ucap Anthony.

Dia juga menyebut perlu memilih platform aset digital kripto yang aman dan sudah melewati masa audit. “Untuk masalah keamanan tentu saja sudah dijamin oleh auditor ternama di dunia kripto seperti Hacken, Certik, dan Haechi. Auditor ini yang biasanya mengaudit platform aset digital kripto,” tuturnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)