Pembicaraan Nuklir Iran Berlarut-larut, Harga Minyak Naik Lagi

Senin, 21 Juni 2021 - 08:51 WIB
loading...
Pembicaraan Nuklir Iran Berlarut-larut, Harga Minyak Naik Lagi
Harga minyak kembali merangkak naik dipicu berlarut-larutnya pembicaraan nuklir Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah kembali naik pada awal pekan ini didukung oleh permintaan yang kuat selama musim panas dan jeda dalam pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran. Hal itu dinilai dapat mengindikasikan penundaan dimulainya kembali pasokan dari produsen OPEC .

Minyak mentah berjangka Brent untuk Agustus naik USD30 sen, atau 0,4%, menjadi USD73,81 per barel pada 0051 GMT, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk Juli berada di USD71,96 per barel, naik USD32 sen, atau 0,5%.



Kedua tolok ukur telah meningkat selama empat minggu terakhir di tengah optimisme atas laju vaksinasi global dan peningkatan dalam perjalanan musim panas. Rebound telah mendorong premi spot untuk minyak mentah di Asia dan Eropa naik ke level tertinggi dalam beberapa bulan.

"Rebound permintaan di belahan bumi utara musim panas begitu kuat sehingga pasar menjadi semakin khawatir tentang penarikan tajam lebih lanjut pada persediaan," kata analis ANZ dalam sebuah catatan yang dikutip Reuters, Senin (21/6/2021).

Negosiasi untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran terhenti pada hari Minggu (20/6) setelah hakim garis keras Ebrahim Raisi memenangkan pemilihan presiden Iran. Dua diplomat mengatakan mereka memperkirakan pembicaraan akan tertunda jeda istirahat sekitar 10 hari.



ANZ mengatakan, pemilihan itu dapat menunda kesepakatan nuklir. "Kemungkinan minyak Iran memukul pasar dalam jangka pendek tampaknya tidak mungkin. Namun, Iran bersikeras bahwa sanksi AS ditempatkan pada pada Raisi dihapus sebelum kesepakatan tercapai," kata bank itu.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2286 seconds (0.1#10.140)