Temui Hary Tanoesoedibjo di MNC Center, Arsjad Rasjid Paparkan Visi Bangkitkan Ekonomi

Jum'at, 25 Juni 2021 - 18:33 WIB
loading...
Temui Hary Tanoesoedibjo di MNC Center, Arsjad Rasjid Paparkan Visi Bangkitkan Ekonomi
FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Calon Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) periode 2021-2026 Arsjad Rasjid bersilaturahmi menemui Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

"Alhamdulillah, silaturahmi kita. Kita bicara banyak. Saling bertukar pikiran, pemikiran bagaimana ke depan, menghadapi sekarang ini, ekonominya sangat berat," ujar Arsjad di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Dia mengatakan, persatuan dan kesatuan pengusaha dengan pengusaha dan pengusaha dengan bangsa sangatlah penting. Dalam pertemuan tersebut, Arsjad memaparkan bagaimana pengusaha bisa berkontribusi dalam pemikiran dan semua sisi agar Indonesia bisa keluar dari tantangan ekonomi saat ini. "Jadi, ini sangat terkait sekali, bagaimana untuk memulihkan kesehatan dan membangkitkan ekonomi," kata Arsjad.



Dia mengungkapkan Indonesia perlu memiliki lebih banyak pengusaha daerah yang menggali potensi daerahnya masing-masing. Sebab, saat ini pengusaha banyak terpusat di kota-kota besar, seperti Jakarta. "Di sinilah tugas Kadin, untuk menciptakan lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha daerah yang bisa berkontribusi di daerahnya masing-masing. Kalau bisa jangan kumpul di Jakartalah, dimana-mana, supaya ekonominya bisa maju semuanya," tuturnya.

Menurutnya, setiap daerah memiliki potensi yang bisa digali untuk menopang ekonomi setempat, baik dari segi kekayaan alam maupun budayanya. "Inilah yang harus dilihat, dan bagaimana melakukan redistribusi terhadap ekonomi supaya sentral ekonominya bukan hanya di satu tempat, tapi decentralized. Jadi, nanti ke depannya saling bisa menopang," katanya.

Saat ini, kata Arsjad, program pemerintah sudah menuju ke sana, menyusul banyaknya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), terutama di Indonesia Timur. Beberapa daerah di Indonesia Timur mengolah bauksit, nikel dan bahan tambang lainnya menjadi baterai dan aluminium untuk light car dan electric car.

"Teknologi boleh luar negeri, siapapun yang melakukan inovasi dan membuat teknologi, balik-baliknya butuh raw material, seperti baterai dan aluminium. Jadi, sudah kelihatan, bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan sendiri-sendiri," kata Arsjad.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo selaku tuan rumah menyambut baik kunjungan Arsjad ke MNC Center. "Misi beliau bagus, karena konsepnya inklusif dan kolaboratif. Memberdayakan dan meningkatkan ekonomi daerah, karena memang Indonesia perlu pemerataan. Saya rasa itu konsep yang sangat baik," ungkapnya.



Menurutnya, di tengah situasi yang tak menentu akibat pandemi sekarang ini, memang dibutuhkan terobosan-terobosan di berbagai sektor.

"Investasi itu bisa dari berbagai sektor. Sektor-sektor yang saya rasa tidak terdampak pada saat ini, seperti teknologi, data center, yang terkait dengan komoditas, mining, smelter dan sebagainya. Peluang banyak, tapi mungkin sektornya bisa bergeser. Jadi, saya rasa kesempatan itu ada di segala situasi," kata Hary.

Hary pun mendoakan yang terbaik untuk Arsjad bila Arsjad terpilih menjadi Ketum Kadin yang baru, periode 2021-2026. "Saya ucapkan selamat Pak Arsjad, sukses. Mudah-mudahan semuanya lancar. Memang dunia usaha itu wadahnya Kadin. MNC Group bagian daripada dunia usaha," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)