Covid-19 Terus Mengganas, Analis: Tenang.. Investor Lebih Siap!

Rabu, 30 Juni 2021 - 10:33 WIB
loading...
Covid-19 Terus Mengganas, Analis: Tenang.. Investor Lebih Siap!
Ilustrasi. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan pagi hari ini (30/6/2021). IHSG menguat 0,35% dan berada di level 5.969. Namun, Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan, Frankie W Prasetio, menuturkan, melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia masih membayangi pergerakan IHSG. Di mana, lonjakan kasus positif harian sempat menyentuh angka 20.000an kasus.

“Sepertinya sekarang kalau kita lihat varian Covid-19 yang baru ini meningkatnya kencang sekali. Satu hari itu kenaikannya sudah 20.000 case on average per day,” tuturnya dalam acara Market Opening IDX Channel, Rabu (30/6/2021).



Menurutnya, kondisi ini dalam jangka pendek akan berdampak buruk bagi market. Akan tetapi, dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro, ini akan memberikan dampak positif ke depannya.

“Dalam jangka pendek mungkin akan menjadi buruk ya, tapi saya merasa tindakan pemerintah untuk melakukan PPKM ini akan berdampak positif dalam jangka panjang. Kalau kita berkaca pada kasus di India, di mana pada bulan April – Mei kenaikan kasusnya tinggi sekali. Kemudian mereka melakukan lockdown, vaksinasi masal, dan hasilnya tren Covid-nya menurun dengan jauh,” ujar Frankie.



Lebih lanjut, dia menjelaskan, para investor sudah lebih siap menghadapi situasi pandemi di tahun ini jika dibandingkan dangan tahun 2020 lalu. Dapat diartikan, bahwa investor tidak melihat lonjakan kasus yang terjadi saat ini sebagai sebuah ancaman.

“Mereka tidak melihat kasus meningkat itu sebagai ancaman yang berarti seperti tahun lalu, karena tahun lalu investor belum pernah mengalami terjadinya pandemi. Sedangkan, tahun ini investor sudah mulai terbiasa dan pemerintah juga melakukan langkah-langkah yang baik untuk menanggulangi ini. Jadi sepertinya tidak akan berpengaruh terlalu banyak,” jelas Frankie
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2941 seconds (0.1#10.140)