PLN Resmi Akuisisi Saham Pengelola Pembangkit Listrik di Blok Rokan

Selasa, 06 Juli 2021 - 10:42 WIB
loading...
PLN Resmi Akuisisi Saham Pengelola Pembangkit Listrik di Blok Rokan
Ilustrasi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN secara resmi mengakuisisi pembangkit listrik Blok Rokan berkapasitas 300 Mega Watt (MW) yang dikelola PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara atau MCTN.

Akuisisi tersebut ditandai dengan Penandatanganan Conditional Sale & Purchase Agreement (SPA) atau Perjanjian Jual Beli Saham (PJBS) yang dilakukan antara PLN dengan Chevron Standard Limited (CSL) yang digelar pada, Selasa hari ini.



Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengatakan, pengambilalihan saham MCTN secara 100 persen merupakan langkah strategis perseroan untuk menjaga keberlangsungan produksi di wilayah kerja Blok Rokan.

"Pagi ini kita menyaksikan penandatangan PT MCTN pemasok listrik di wilayah kerja Rokan antara PLN dengan Chevron Standard Limited. Ini merupakan titik strategis untuk memastikan keberlangsungan produksi di wilayah kerja Rokan," ujar Zulkifli dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (6/7/2021).

Proses akuisisi sendiri dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama melalui SPA, dimana, MCTN akan menjadi bagian dari perusahaan pelat merah. Sehingga manajemen PLN akan meneruskan pengoperasian MCTN secara jangka pendek yakni selama 3 tahun kedepan atau pada periode transisi.

Baca Juga: Begini Strategi PLN Amankan Pasokan Listrik Blok Rokan

Pada tahap kedua, perseroan akan menyambungkan sistem kelistrikan Regional Sumatera dengan Blok Rokan. "Blok Rokan akan kami sambungkan dengan sistem kelistrikan Sumatera, sehingga di tahun ke-4 dan tahun seterusnya listrik untuk blok rokan ini akan,,listrik PLN dari Regional Sumatera," katanya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)