Penggunaan Vaksin Covid-19 Besutan Kalbe Farma Tinggal Selangkah Lagi

Jum'at, 09 Juli 2021 - 16:00 WIB
loading...
Penggunaan Vaksin Covid-19 Besutan Kalbe Farma Tinggal Selangkah Lagi
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk resmi memperoleh persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan uji klinik tahap 2b/3 untuk vaksin Covid-19 GX-19N di Indonesia. Pelaksanaan uji klinik dari tahap 2b/3 akan dimulai Juli 2021.

Sementara, di sisi analisa interim untuk keamanan dan efikasi atau kemampuan vaksin untuk mencetuskan kekebalan tubuh terhadap infeksi Covid-19, ditargetkan dilakukan pada akhir 2021.

Baca juga;Gabung Paris Saint-Germain, Sergio Ramos Janjikan Banyak Trofi

“Kalbe berterima kasih kepada Badan POM dan komite etik yang telah memberikan izin pelaksanaan uji klinik vaksin Covid-19 GX-19N ini. Saat ini kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia masih belum cukup," ujar Irawati Setiady, Presiden Komisaris Kalbe Farma, Jumat (9/7/2021).

Irawati mencatat, bila uji klinik tahap 2b/3 dinilai berhasil dan mendapat persetujuan penggunaan darurat dari Badan POM, maka vaksin GX-19N dapat melengkapi vaksin yang sudah ada saat ini. Untuk itu, Genexine telah memberikan komitmen untuk mensupply 10 juta dosis vaksin dan dilanjutkan dengan transfer teknologi untuk local production.

Baca juga:Memisahkan Tempat Tidur Anak Menurut Syariat

“Badan POM mendukung berbagai upaya pengembangan dan penelitian vaksin dan obat untuk mendukung upaya keluar dari Covid-19 termasuk vaksin GX-19N," katanya.

BPOM sendiri aktif mendampingi proses uji klinik tersebut sehingga mencapai kesiapan pelaksanaan uji klinik tahap 2 dan 3. Harapannya, akan ada transfer teknologi untuk dapat memenuhi kemandirian, kebutuhan, dan kemudahan akses vaksin dalam jangka panjang di Indonesia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)