Mobilisasi Puluhan Ribu Nakes Baru, Luhut: Jangan Anggap Kami Tak Bergerak

Kamis, 15 Juli 2021 - 11:37 WIB
loading...
Mobilisasi Puluhan Ribu Nakes Baru, Luhut: Jangan Anggap Kami Tak Bergerak
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Selain penambahan kapasitas tempat tidur rumah sakit, pemerintah telah mempersiapkan tenaga kesehatan yang menjadi garda depan penanganan Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan setidaknya sudah ada 20.000 perawat yang sudah siap bekerja.

"Tenaga kesehatan semua dipenuhi oleh mahasiswa dokter dan perawat. Kami mobilisasi perawat itu ada 20.000 lebih yang segera diterjunkan, dan saya yakin mereka ditraining dulu berapa hari, kemudian dipekerjakan," kata Luhut saat konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Baca juga:Deretan Mobil Konsep dengan Desain Gila yang Menggemparkan Dunia Otomotif

Alasan mereka diterjunkan karena gap tenaga kesehatan yang ada saat ini, mampu dikurangi oleh mahasiswa dokter dan perawat yang sudah dalam tahap akhir pendidikan.

"Nakes akan diberikan booster ketiga menggunakan (vaksin) moderna, relawan dokter dan perawat akan diberikan insentif," papar Luhut.

Perlu dicatat, relawan dokter dan perawat yang akan diberikan insentif di antaranya berupa penyediaan fasilitas istirahat yang layak, BPJS Kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, dan biaya komunikasi.

Baca juga:Jokowi Tegaskan 3 Paket Obat untuk Warga Isoman Tak Boleh Diperjualbelikan

"Jadi jangan (ada) anggapan bahwa kami tida bergerak. Kita tahu apa yang kami lakukan. Karena semua yang kumpul di sini dengan segala macam keahlian sudah memberikan pemikiran yang terbaik untuk bangsa dan negara ini," jelas Luhut.

Di sisi lain yang paling penting adalah Luhut sudah menghimpun setidaknya 2.000 dokter yang sudah siap mobilisasi. "Semua data kami sudah memenuhi on track," tutup Luhut.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)