300 Ribu Paket Obat Covid-19 Gratis Dibagikan Mulai Hari Ini

Kamis, 15 Juli 2021 - 14:12 WIB
loading...
300 Ribu Paket Obat Covid-19 Gratis Dibagikan Mulai Hari Ini
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan langkah untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan bagi pasien Covid-19. Pemerintah pun siap membagikan secara gratis paket obat Covid-19 gejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 300.000 paket mulai hari ini.

Adapun komposisi 300.000 paket dibagi tiga macam dengan yaitu Paket 1 (10% paket untuk OTG), Paket 2 (60% paket untuk yang bergejala demam dan anosmia), dan paket 3 (30% paket untuk gejala ringan demam dan batuk).



Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, target pembagian obat gratis ini diprioritaskan untuk masyarakat miskin yang terkena Covid-19 dengan gejala ringan dan OTG.

Sedangkan untuk alokasi paket didasarkan pada jumlah kasus aktif yang menjalani isolasi mandiri di masing-masing kota/kabupaten. Selain itu, Puskes TNI juga akan menjadi pusat komando distribusi obat gratis ini bersama masing-masing Kesdam.

Sementara itu untuk ketersediaan obat, menurut data Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, sudah ada beberapa obat yang menambah stok di bulan Juli 2021.



Diketahui stok bulan Juli yang sudah disiapkan pemerintah ada 8 jenis obat diantaranya multivitamin, Azythromycin, Ivermectin, Oseltamivir, Favipiravir, Remdesivir, Tocilizumab dan IVIg.

Menko Luhut mengatakan, pemenuhan pasokan kebutuhan obat juga demi mendorong komitmen industri dalam dan luar negeri. Selain itu, pemenuhan obat juga mendorong distribusi obat yang merata antar daerah untuk mencegah kekosongan obat secara sporadis.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2598 seconds (0.1#10.140)