Raih Penghargaan, Dirut Pupuk Kaltim: AKHLAK Jadi Budaya di Lingkungan Perusahaan

Minggu, 18 Juli 2021 - 22:35 WIB
loading...
Raih Penghargaan, Dirut Pupuk Kaltim: AKHLAK Jadi Budaya di Lingkungan Perusahaan
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT ) meraih penghargaan Indeks Implementasi Adaptif Terbaik kategori anak usaha BUMN , pada AKHLAK Award 2021 yang digelar ACT Consulting International, berdasarkan indeks implementasi core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), dalam aktivitas bisnis perusahaan. Penghargaan diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan diterima Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, secara virtual pada Kamis lalu (15/7).

Rahmad Pribadi menungkapkan, Adaptif sebagai core value AKHLAK paling kuat menjadi representasi semangat insan PKT dalam menghadapi dan menyesuaikan diri dengan beragam perubahan, guna mendukung pengembangan bisnis perusahaan. Hal itu pun selaras dengan slogan Future is Ours yang digaungkan PKT, untuk mengoptimalkan sumber daya serta meningkatkan kinerja Perusahaan dengan merespons perubahan dengan sangat baik.

“Menyesuaikan diri dengan perubahan itu penting, sehingga peluang bisa kita ciptakan untuk kemajuan perusahaan. Semangat itu tertanam dengan baik dalam diri insan PKT,” ujar Rahmad dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Minggu (18/7/2021).

Baca juga:Bantu Indonesia, Korsel Kirim Konsentrator Oksigen dan Ventilator

Budaya adaptif PKT diukur berdasarkan Akhlak Culture Health Index (ACHI), dengan presentase mencapai 69,4%. Hal ini melihat dukungan PKT terhadap kebijakan sentralisasi Pupuk Indonesia, serta inisiatif strategi dengan rencana pembangunan pabrik baru di Papua Barat, sekaligus menyasar pengembangan bisnis yang tidak hanya berfokus kepada industri petrokimia berbasis natural gas saja, tapi juga industri hilir berbasis renewable resources.

Selain itu, PKT juga menyelaraskan core value AKHLAK ke dalam core kompetensi perusahaan, sekaligus menjadi salah satu penilaian KPI individu dan unit kerja, sehingga PKT mampu meraih rekor tertinggi peningkatan kapasitas bisnis di semester I-2021, dengan capaian di atas realisasi periode satu tahun sebelumnya.

“Langkah tersebut juga menjadi tolok ukur kinerja PKT dalam mendorong integrasi roadmap holding Pupuk Indonesia dengan anak perusahaan,” tambah Rahmad.

Dirinya pun memastikan implementasi AKHLAK akan terus menjadi bagian dalam aktivitas bisnis PKT, mengingat besarnya tantangan dan peluang yang ingin dicapai dalam fase kedua pertumbuhan perusahaan. AKHLAK sebagai kesatuan dan budaya baru, berjalan dalam ekosistem yang selaras dan seimbang, diciptakan melalui rutinitas yang diawali dengan mengubah hal-hal kecil menjadi kebiasaan.

“AKHLAK menjadi budaya yang diimplementasikan secara kontinu di lingkungan PKT. Saat semuanya terlaksana dengan baik, maka kinerja perusahaan pun semakin meningkat,” tutur Rahmad.

Baca juga:Artis hingga Atlet, Pesohor Indonesia Ini Nikah dengan Pria Asing dan Ganti Kewarganegaraan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)