Cermati Saham-saham Ini di Tengah Lanjutan Tren Penguatan IHSG

Senin, 19 Juli 2021 - 07:57 WIB
loading...
Cermati Saham-saham...
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini. Pergerakan indeks akan berada di kisaran 6.032-6.108. Foto/Dok SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini. Pergerakan indeks akan berada di kisaran 6.032-6.108.



Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengatakan, pergerakan IHSG terkonfirmasi kuat di atas bearish trend line dengan peluang lanjutan penguatan menguji resistance secara teknikal. Indikator Stochastic dan RSI bergerak pada signal positif dengan momentum yang relatif bullish.

"Indikator MACD terkonsolidasi dengan arah histogram yang positif memberikan indikasi penguatan lanjutan di awal pekan. Sehingga diperkirakan IHSG berpotensi bertahan dijalur penguatannya dengan support resistance 6.032-6.108," ujar Lanjar dalam risetnya, Senin (19/7/2021).

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; AALI, ADHI, ADRO, ASII, BBNI, BBTN, HRUM, MNCN, SMRA, TINS, INCO.

Sebelumnya, IHSG ditutup naik 25,76 poin atau 0,43 persen ke level 6.072 dengan pergerakan yang cenderung optimis sejak awal sesi perdagangan. Saham ARTO (+5.3%), TLKM (+1.3%), BBRI (+0.8%), ASII (+1.5%) dan SMGR (+4.4%) berhasil menjadi leader penguatan diakhir pekan.

IHSG mampu menutup pekan dengan penguatan meskipun mayoritas indeks saham di Asia tertekan. Indeks sektor energy (+1.55%) dan Industri (+1.00%) memimpin penguatan secara sektoral. Investor asing melakukan aksi beli bersih sebesar Rp72,02 miliar dengan saham BBRI, INCO dan ASII yang menjadi top net buy value investor asing.

Leader:
ARTO, TLKM, BBRI, ASII, SMGR

Laggard:
EMTK, SMMA, TPIA, FREN, ICBP

Sementara itu, Bursa Asia berpotensi memulai pekan dengan cukup berat di tengah kekhawatiran tentang percepatan inflasi dan Minyak akan menjadi fokus setelah OPEC dan sekutunya mencapai kesepakatan untuk meningkatkan pasokan global. Futures turun di Jepang, Australia dan Hong Kong. Indeks S&P 500 turun untuk minggu pertama dalam empat minggu.



Komoditas energy hingga logam mayoritas naik dimana Harga Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,2% menjadi USD71,81 per barel, Batubara Newcasle naik 2.42% menjadi 127.20 per mton, Timah naik 1.68% dan Nikel naik 1.87%.

Secara sentimen IHSG berpotensi menguat terbatas terbebani bursa saham regional dan kepercayaan investor terhadap iklim investasi emergin market di tengah lonjakan inflasi AS dan angka kasus covid-19 yang masih tinggi.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)