Besok Idul Adha, Kemendag Pastikan Pasokan Hewan Kurban 1,7 Juta Ekor Mencukupi

Senin, 19 Juli 2021 - 16:00 WIB
loading...
Besok Idul Adha, Kemendag Pastikan Pasokan Hewan Kurban 1,7 Juta Ekor Mencukupi
Ilustrasi Foto/Dok SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan hewan kurban selama periode Idul Adha 1443 H yang jatuh pada esok hari Selasa (20/7) aman dan mencukupi.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, terjadi penambahan suplai sapi sebanyak 13 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Saat ini, pasokan hewan kurban terutama sapi sangat mencukupi, terutama untuk kebutuhan Idul Adha. Ada penambahan 13 persen sapi dibandingkan bulan sebelumnya. Pemerintah akan selalu berupaya menjaga ketersediaan sapi agar masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan tenang,” ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Senin (19/07/2021).



Menurut dia, saat ini stok hewan kurban mencapai 1,7 juta ekor. Kemendag juga meminta kepada perusahaan untuk terus mendukung
pemerintah dalam menjaga ketersediaan sapi bakalan agar masyarakat mendapatkan pilihan hewan kurban dengan harga terjangkau.

"Berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, hewan kurban yang tersedia untuk periode Idul Adha 2021 sebanyak 1.767.522 ekor, terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba," urainya.



Berdasarkan hal tersebut, Kemendag menghimbau masyarakat tidak perlu khawatir adanya kekurangan pasokan sapi pada periode Idul Adha tahun ini. "Untuk menjamin stok tetap tersedia di pasar, Kemendag melakukan sejumlah pertemuan dengan perusahaan penggemukan sapi untuk mendapatkan informasi kondisi pasokan yang dimiliki masing-masing perusahaan," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)