Kesadaran Menggunakan BBM Kualitas Tinggi Terus Meningkat

Kamis, 22 Juli 2021 - 10:03 WIB
loading...
A A A
Tak hanya itu, kendaraan juga bakal lebih terdengar kasar sehingga bisa menyebankan menurunkan performa atau unjuk kerja kendaraan bila konsusmsi BBM RON rendah. "Secara otomatis itu akan mempengaruhi kepada kualitas udara. Udara pun akan menjadi kotor secara tak kasat mata," kata dia.

Berdasarkan data IQAir.com pada 19 Juli 2021 pukul 04.00 WIB indeks kualitas udara Jakarta tercatat mencapai 162 dalam katagori tidak sehat dan menempati uratan pertama sebagai udara terburuk dunia. Sementara konsentrasi polusi PM 2.5 tercatat mencapai 76,2 µg/m³.

Parahnya lagi, buruknya kualitas udara Jakarta ini juga dinilai bisa menimbulkan kesehatan mental. Buktinya, Vaay – perusahaan produsen produk suplemen kesehatan dan CBD yang berbasis di Berlin – memasukkan Jakarta dalam daftar 10 kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia pada 2021. Berdasarkan laporan The Least and Most Stressful Cities Index 2021, Jakarta berada di posisi sembilan dengan skor akhir 41,8 dari skala 0-100 poin. Semakin rendah skornya, maka tingkat stres di kota tersebut kian tinggi.

Tak hanya itu, semakin tinggi kandungan oktannya, maka semakin baik kualitas BBM dan performa yang dihasilkan oleh mesin. Produk-produk Pertamax Series mampu meningkatkan akselerasi atau kecepatan kendaraan, membuat mesin lebih responsif, serta mampu melindungi mesin lebih awet dan tahan lama karena pembakaran yang lebih efesien dan bebas karat.



Selain itu, produk Pertamax Series merupakan produk yang ramah lingkungan karena kandungan sulfur yang rendah sehingga buangan gas emisi dengan karbon lebih sedikit. Untuk kandungan sulfur Pertamax maksimal 500 ppm, sementara kandungan sulfur Pertamax Turbo tidak lebih dari 50 ppm dengan kata lain setara Euro IV.

Sebab itu, lanjut Anton, BBM RON rendah memperburuk emisi gas buang kendaraan bermotor, sehingga pembuangannya membuat kualitas udara lebih buruk. "Udah gitu, membuat mesin mengelitik (knocking), bahkan terburuk, berpotensi membuat ruang bakar berlubang," beber dia.

Pengendara, lanjut dia, harus cermat dalam memilih BBM dengan kualitas bagus seperti penggunaan BBM dengan RON kualitas baik. Lantaran, dengan kualitas baik, secara otomatis mesin kendaraan mencerna dengan baik," jelas dia.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)