Hindari Kontak Fisik Menggunakan Pembayaran Digital Lebih Asyik

Jum'at, 23 Juli 2021 - 16:34 WIB
loading...
Hindari Kontak Fisik Menggunakan Pembayaran Digital Lebih Asyik
Menggunakan pembayaran digital LinkAja cukup nyaman dan aman di masa pandemi karena terhindar dari kontak fisik. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, masyarakat semakin terbantu dengan kehadiran platform pembayaran digital. Meskipun ada kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan laju penularan dan penyebaran virus Covid-19 , namun masyarakat masih bisa melakukan transaksi keuangan dan memenuhi kebutuhan harian dari rumah.

Hal ini tak lepas dari pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air dalam kurun lima tahun terakhir. Saat ini, bagi kebanyakan orang, menggunakan sistem pembayaran digital dinilai lebih praktis, nyaman, dan aman. Sehingga pemenuhan segala kebutuhan hidup kini sudah berada di gengaman. Salah satu platform pembayaran digital yang banyak digunakan masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan yakni LinkAja. Platform yang dikembangkan PT Fintek Karya Nusantara ini sudah memiliki ekosistem yang kuat. LinkAja memang fokus memberikan pemerataan akses layanan keuangan digital bagi seluruh masyarakat Indonesia.

(Baca Juga : SRC-LinkAja Perkuat Ekosistem Digital Toko Kelontong Masa Kini )

Dengan tagline #Apa2Bisa, LinkAja menghadirkan pengalaman pemenuhan beragam kebutuhan secara mudah dan aman. Untuk melakukan pembayaran di gerai Alfamart dan Indomart misalnya, pengguna hanya perlu membuat kode bayar dan menyebutkan 10 angka kode bayar atau menempelkan kode QR ke scanner yang ada di kasir. Setelah kasir memasukkan kode atau melakukan scan, maka secara otomatis saldo di dalam aplikasi LinkAja terpotong. Hal ini cukup aman mengingat tidak ada interaksi, dibandingkan dengan jika menggunakan pembayaran uang tunai atau melalui kartu debit dan kredit. Tak hany di gerai penjualan offline saja, LinkAja juga mudah digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di platform e-commerce.

Seperti platform e-commerce Blibli, pengguna LinkAja hanya perlu melakukan sinkronisasi antarplatform dengan keamanan ganda. Dengan sistem keamanan berlapis tersebut, pemilik akun akan terlindungi dari kemungkinan pembobolan akun oleh pihak-pihak tertentu. Proses pembayaran pun hanya butuh beberapa detik saja, pengguna hanya perlu memasukkan kode keamanan berupa personal identification number (PIN) untuk proses verifikasi. Saat pemilik akun melakukan sign out dari aplikasi, maka saat melakukan proses login kembali, LinkAja menerapkan kemanan ganda yakni dengan meminta pengguna untuk melakukan login ulang. Hal ini untuk memastikan bawah pengguna adalah benar pemilik akun.

(Baca Juga : Respons Era Ekonomi Digital, BPJamsostek Gunakan Aplikasi LinkAja )

Kenyamanan menggunakan platform LinkAja juga terasa saat menggunakan moda transportasi Commuter Line (KRL), MRT, dan TransJakarta. Tak perlu bersentuhan dengan mesin di gate in. Pengguna LinkAja cukup mendekatkan ponsel ke mesin gate ini agar mesin bisa membaca kode QR di dalam aplikasi. Arahkan kode tiket di layar ke kotak pemindai LinkAja di gate in. Jika kode terpindai dengan baik, maka nominal pembayaran akan muncul di gate in. Saat tiba di stasiun tujuan, buka aplikasi LinkAja, arahkan kode QR ke kotak pemindai,otomatis uang jaminan senilai Rp10 ribu akan masuk kembali ke saldo LinkAja Ada pintu khusus bagi penumpang KRL pengguna LinkAja, warnanya merah dan ada kotak pemindai, letaknya di bawah kotak kuning bertuliskan 'Tempel di Sinii'.

Sedangkan saat menggunakan MRT, pengguna harus memiliki aplikasi MRT di handphone. Setelah melakukan login di aplikasi MRT, pengguna bisa memilih opsi beli tiket untuk menentukan perjalanan dengan menentukan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Di menu pembayaran, pilih LinkAja diikuti dengan memasukkan detail nomor LinkAja yang terdaftar dan PIN. Kemudian lakukan konfirmasi dan lanjut ke menu pembayaran. Saat notifikasi pembayaran berhasil muncul, lakukan scan kode QR di gerbang masuk stasiun keberangkatan. Begitupula saat tiba di stasiun tujuan, pengguna hanya perlu melakukan scan kode QR di gerbang keluar.

LinkAja juga bisa digunakan di lebih dari 240 moda transportasi seperti layanan pembayaran. Termasuk Taxi Bluebird, Grab, Gojek, hingga transportasi lokal di berbagai daerah. LinkAja juga bersinergi dengan Grab dan Gojek sehingga pengguna yang ingin bepergian maupun memesan makanan secara online di aplikasi Grab dan Gojek dapat menggunakan LinkAja sebagai metode pembayarannya.

Untuk dapat menikmati beragam fitur yang membuat penggunanya bisa merasakan kemudahan #Apa2Bisa, pengguna perlu melakukan upgrade ke layanan Full Service. Banyak keuntungan di fitur ini, salah satunya yakni pengguna bisa melakukan transaksi hingga Rp20 juta per bulan dan bisa menikmati layanan transfer dana. Untuk melakukan upgrade dari Basic ke Full Service, pengguna tinggal melakukan proses eKYC (electronic Know Your Customer) melalui aplikasi LinkAja. Selain untuk pembayaran transportasi, belanja, dan pemenuhan kebutuhan lainnya, LinkAja juga bisa digunakan untuk membayar cicilan rumah, pembayaran produk investasi, pembayaran tagihan listrik, membeli pulsa, hingga membeli voucher game.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)