PPKM Level 4 Diperpanjang, Ekonom: Panglima Pandemi Sektor Kesehatan Bukan Ekonomi

Senin, 26 Juli 2021 - 20:23 WIB
loading...
PPKM Level 4 Diperpanjang, Ekonom: Panglima Pandemi Sektor Kesehatan Bukan Ekonomi
Esther mengatakan, kebijakan pengetatan mobilitas masyarakat memang perlu dilanjutkan pemerintah, sebab pemulihan kesehatan merupakan fokus utama dalam penanganan pandemi Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 hingga 2 Agutus 2021 mendatang dinilai sebagai langkah tepat. Ekonom Institute of Development on Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti menerangkan, hal itu untuk menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

Esther mengatakan, kebijakan pengetatan mobilitas masyarakat lewat PPKM Level 4 memang perlu dilanjutkan pemerintah, sebab pemulihan kesehatan merupakan fokus utama dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Jadi PPKM ini memang harus di lanjut, lockdown ini harus tetap dilanjutkan, karena pemulihan kesehatan masyarakat itu harus menjadi prioritas. Jadi panglima perang pandemi ini adalah sektor kesehatan bukan ekonomi," ujarnya secara virtual, Senin (26/7/2021).



Ia menuturkan, ekonomi menjadi sektor yang sangat penting, namun bukan berarti harus diutamakan. Sebab jika ekonomi menjadi prioritas namun kasus Covid-19 terus meningkat, maka perekonomian pun akan semakin sulit untuk kembali pulih.

"Jadi percuma, seberapa pun banyaknya nanti dana dan energi yang dikeluarkan itu akan mubazir," imbuh dia.



Lebih lanjut, Esther menerangkan, bahwa saat ini Indonesia menjadi negara dengan tingkat kasus Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara yaitu sebanyak 3,1 juta kasus dibandingkan Filipina, Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam, dan Singapura.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2624 seconds (0.1#10.140)