Erick Thohir Pastikan Keberpihakan Bank Pelat Merah Dalam Program Bebas Karbon

Rabu, 28 Juli 2021 - 20:38 WIB
loading...
Erick Thohir Pastikan Keberpihakan Bank Pelat Merah Dalam Program Bebas Karbon
Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, lembaga perbankan pelat merah akan ambil bagian dalam program net zero emission. Namun skemanya masih rahasia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, lembaga perbankan pelat merah akan ambil bagian dalam program net zero emission. Selain, tetap memasifkan kredit kepada masyarakat, misalnya, Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pemerintah tengah menggenjot program net zero emission atau bebas karbon hingga 2060. Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) pun dipastikan mendukung program tersebut melalui pembiayaan .

"Kita di Himbara , kemarin juga baru di presentasi, bagaimana keberpihakan Himbara tidak hanya yang green, tetapi basic ekonomi kepada masyarakat. Apakah yang namanya KUR, PNM Mekaar buat ibu-ibu tanpa agunan, itu yang harus kita pastikan juga," ujar Erick, Rabu (28/7/2021).



Meski dipastikan Himbara ikut andil dalam program bebas karbon hingga 2060 mendatang, Erick enggan membeberkan skema pembiayaan yang dimaksud.

Sambung Erick menegaskan, net zero emission bisa menjadi sebuah gaya hidup (lifestyle) kedepannya. Meski begitu, income atau pendapatan masyarakat pun menjadi fokus Himbara. Sehingga, kedepannya income masyarakat Indonesia mengalami kenaikan.



Karena itu, Bank BUMN tetap difokuskan pada segmentasi nasabahnya. Terutama, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kalau kita bicara lifestyle yang lebih tinggi, kita juga pastikan income masyarakat kita juga harus tinggi. Education kita harus tinggi. Nah, ini kita punya waktu, kita tidak terburu-buru, jadi jelas, Himbara sangat mendukung (bebas karbo). Tetapi basic kepada kehidupan masyarakat dalam secara ekonomi juga dalam keadaan yang baik," ungkap dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3297 seconds (0.1#10.140)