Dikuasai Akulaku, Saham Bank Neo Jadi Laku

Kamis, 29 Juli 2021 - 18:15 WIB
loading...
Dikuasai Akulaku, Saham Bank Neo Jadi Laku
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Harga saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) ditutup menguat secara signifikan 130 poin atau 23,85% ke level 675. Sentimen utama yang menjadi faktor kenaikan adalah masuknya fintech PT Akulaku Silvrr Indonesia yang menjadi pemilik terbesar sekaligus pengendali perusahaan BBYB, mencapai 24,98%.

Secara year to date (ytd), performa BBYB telah naik fantastis 126,34 persen. Menilik data RTI, net profit BBYB minus Rp50,27 miliar, serta operating profitnya juga minus Rp50,14 miliar. Namun demikian, equity BBYB positif mencapai Rp1,06 triliun dengan cash flow sebesar Rp26,98 miliar.

Baca juga:Anthony Ginting Tembus Perempat Final Usai Singkirkan Wakil Tuan Rumah

Secara valuasi, BBYB memiliki Price Earnings Ratio (PER): -22,36x, Price Sales Ratio (PSR): 7,65x, Price Book Value Ratio (PBVR): 4,24x, dan Price Cash Flow Ratio (PCFR): 41,67x. Analis melihat BBYB terus didorong oleh sentimen transformasi bank digital.

"Tentu ini menjadi transformasi yang baik untuk Bank Neo Commerce, yang kita lihat memang ada transformasi digital saat Akulaku masuk. Perlu dicermati bahwa dari antusias investor sendiri, bank-bank digital sedang menarik untuk diinvestasikan dalam jangka panjang ke depan," kata analis riset MNC Sekuritas, Aqil Triadi, dalam Session Clossing IDXChanncel, Kamis (29/7/2021).

Kendati demikian, Aqil meminta investor mencermati apakah ekosistem digitalisasi bank ini dapat bertahan hingga tahun depan.

"Namun yang bisa dicermati oleh investor adalah apakah ekosistem ini akan bertahan jangka panjang atau sampai beberapa tahun ke depan. Apalagi kalo kita lihat BBYB, baru-baru ini sedang aksi korporasi," terang Aqil.

Baca juga:Aktor Indonesia Berbakat yang Selalu Dinanti Aksinya

Secara teknikal, Aqil melihat BBYB didorong oleh volume beli yang cukup besar. Menurutnya masih ada penguatan jika bisa tembus ke level 690.

"Secara teknikal masih ada potensi dari BBYB untuk kembali menguat. Apalagi kalau perdagangan besok tembus ke atas level 690, maka ada peluang dari BBYB terdekatnya menuju ke level 720-750, buy if break," ujarnya.

Sementara level support yang bisa dicermati investor, jelas Aqil, ada di level 615. Sementara untuk stoplossnya ada di level 600.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)