Merek dan Logo Tidak Cukup, UMKM Perlu Branding untuk Gaet Konsumen

Minggu, 01 Agustus 2021 - 15:30 WIB
loading...
Merek dan Logo Tidak Cukup, UMKM Perlu Branding untuk Gaet Konsumen
Ilustrasi foto/Ist
A A A
JAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia masih memiliki banyak keterbatasan, salah satunya adalah kurangnya pemahaman terkait branding.

Kebanyakan pelaku bisnis UMKM masih menilai jika hanya dengan memiliki logo dan label, berarti mereka sudah memiliki merek atau brand. Padahal, tidak cukup sampai disitu karena dibutuhkan upaya lanjutan yaitu branding.

Branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan. Dengan branding ini pula konsumen dapat membedakan bisnis kita dengan para pesaing.

"Branding yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik 'perhatian' calon konsumen baru," ujar Marketing Manager PrimaGraphia, Irmawati, dikutip Minggu (1/8/2021).



Dia menjelaskan, membuat branding bisnis yang kuat bukan hanya perkara logo atau label saja. Inti pada branding adalah identitas atau wajah yang ingin ditunjukkan oleh merek perusahaan atau produk kita kepada masyarakat luas. Sederhananya, ada 4 hal yang harus disiapkan, sebagai berikut:

1. Produk

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun fondasi bisnis dengan produk berkualitas. Selain itu, kita juga bisa menciptakan produk-produk unik, yang tentunya tak dimiliki oleh pesaing. Hal ini dapat dilakukan jika kita terus melakukan riset pasar guna mengetahui produk apa yang sedang tren atau digandrungi konsumen.

Untuk produk-produk unik ini kita bisa memulai dengan membuat packaging custom, di mana kita bisa mengkreasikan sendiri packaging sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menambahkan logo atau label yang menjadi tanda bagi konsumen untuk mengenali brand kita. Packaging yang unik dan bagus tentu akan meningkatkan value merek kita dibanding pesaing.

2. Identitas Merek (Brand Identity)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0756 seconds (0.1#10.140)