Restrukturisasi Kredit Bank Pelat Merah Mulai Membuahkan Hasil

Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:45 WIB
loading...
A A A
Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira menilai, restrukturisasi kredit UMKM yang dilakukan bank BUMN sangat membantu program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Apalagi restrukturisasi itu dilakukan dengan kombinasi pemberian stimulus pada penyaluran KUR.

Melalui stimulus tersebut, kata Bhima, debitur UMKM yang kesulitan membayar diberikan opsi restrukturisasi kredit. Sementara debitur potensial diberikan kredit usaha rakyat (KUR). "Ini kombinasi kebijakan yang bagus dari bank BUMN," ungkap Bhima.

Menurutnya, jika bank hanya memberikan satu kebijakan saja terhadap pelaku UMKM yang terdampak covid-19, misalnya KUR, tapi tidak didorong dengan program restrukturisasi kredit, maka efeknya akan parsial ke UMKM. Di antaranya, akan terjadi divergensi pemulihan UMKM.

Artinya, UMKM yang bergerak di sektor e-commerce bisa tumbuh tinggi. Di sisi lain, UMKM di sektor perdagangan dan industri skala kecil, pemulihannya akan berjalan lambat. Diharapkan sektor UMKM bisa segera pulih, seiring pelaksanaan program restrukturisasi kreditnya oleh perbankan.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)