PIS Klaim Restrukturisasi Genjot Kinerja Bisnis dan Operasional

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 15:31 WIB
loading...
PIS Klaim Restrukturisasi Genjot Kinerja Bisnis dan Operasional
PT Pertamina International Shipping (PT PIS) mengklaim restrukturusasi sukses mendongkrak kinerja bisnis dan operasional perusahaan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PT PIS) memastikan restrukturisasi yang dijalani sukses meningkatkan kinerja bisnis dan operasional perusahaan. Hal itu tercermin pada perolehan laba bersih semester I/2021 yang 127,6% dari target dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2021.



"Organisasi yang ramping dan gesit hasil restrukturisasi membuat PIS mampu lebih fokus terhadap lini bisnis saat ini. Dengan demikian, diharapkan perushaan akan terus tumbuh sejalan dengan proses bisnis untuk menjadi integrated marine logistics company," ungkap Corporate Secretary PIS Arief Sukmara, Jumat (6/8/2021).

Dia menambahkan, PT PIS melalui optimasi pada sektor keuangan dan operasional akan terus berupaya maksimal memberikan kontribusi terbaik bagi Pertamina secara konsolidasian.

Hal itu antara lain telah ditunjukkan melalui optimalisasi tonase untuk pemenuhan kebutuhan angkutan pihak ketiga yang membawa angkutan kargo migas non-Pertamina yang mencapai 218% dari year to date (YTD) RKAP semester I/2021.

Kemudian, optimalisasi biaya yang berjalan sejak Januari 2021 yang juga berdampak kepada kinerja biaya operasi di bawah 2,14% dari RKAP semester I/2021. Lalu, utilisasi kapal under operation yang mengukur efektivitas vessel scheduling and readiness yang mencapai 100% dari YTD RKAP semester I/2021.

Arief menambahkan, keberhasilan lainnya adalah pelaksanaan manajemen bisnis dan operasi yang mengacu pada efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan perusahaan. Hal ini, jelasnya, antara lain tampak dari tarif kompetitif yang ditawarkan poerusahaan kepada konsumen dari sisi biaya pengapalan.



Berdasarkan data perusahaan, shipping cost LPG domestic PIS disebutkan 5,5% lebih kompetitif dari tarif umum, shipping cost LPG FOB lebih kompetitif 5,4%; shipping cost product domestic 7,9% dan shipping cost product FOB yang lebih kompetitif 4,6%.

"Pencapaian-pencapaian ini selaras dengan target jangka panjang perusahaan untuk menjadi integrated marine logistics company," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)