Ekonomi Kuartal III Masih Tanda Tanya, Rupiah Keok Atas Greenback

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 20:01 WIB
loading...
Ekonomi Kuartal III Masih Tanda Tanya, Rupiah Keok Atas Greenback
Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah ditutup melemah 10 poin atas dolar Amerika Serikat (AS) di level Rp14.352 dalam perdagangan sore ini. Melemahnya mata uang Garuda ini diprediksi karena pertumbuhan ekonomi di Kuartal III/2021 akan turun 1-2%.

Disamping itu, pemerintah menegaskan proses pemulihan ekonomi nasional di paruh kedua tahun 2021 akan sangat bergantung pada penanganan pandemi seiring kuartal III/2021 menghadapi tantangan peningkatan kasus Covid-19 varian Delta, di mana hal itu mengakibatkan pemerintah memberlakukan PPKM Level 4 serta mempercepat vaksinasi terkait dengan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19.



Dalam masalah pandemi ini, Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi aturan pengetatan akan dilakukan selama 12 bulan dan ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kuartal III.

“Walaupun pemerintah merasa optimis bahwa pertumbuhan ekonomi akan tumbuh di 4% dengan berbagai pendukung yang akan memback-upnya, seperti anggaran PEN yang begitu besar untuk kesehatan, vaksinasi, Bansos, BLT dan subsidi karyawan, tetapi melihat di lapangan ekonomi benar-benar stagnan,” ujar Ibrahim dalam rilisnya, Jumat (6/8/2021).



Dia menuturkan hal itu terlihat dari tutupnya beberapa perusahaan ritel di Indonesia. Kondisi inilah yang membuat ragu pertumbuhan ekonomi di Kuartal Ketiga 2021 bisa naik di 4 % atau bahkan menurutnya bisa turun di 1-2%. “Ini merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah yang harus bisa membuktikan bahwa angka 4 % sudah valid,” katanya. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.340-Rp14.380.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)