alexametrics

Pembukaan Mal Belum Jelas, Pengusaha: Kita Tidak Memaksa

loading...
Pembukaan Mal Belum Jelas, Pengusaha: Kita Tidak Memaksa
Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bakal mematuhi aturan pemerintah mengenai pembukaan operasional mal pada 5 Juni 2020. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bakal mematuhi aturan pemerintah mengenai pembukaan operasional mal dalam waktu dekat. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, belum ada keputusan untuk mengizinkan pusat perbelanjaan kembali buka pada 5 Juni 2020 setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga selesai.

(Baca Juga: Airlangga: Belum Ada Rencana Pembukaan Mal di DKI Jakarta per 5 Juni)

Selain itu, Menko Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato juga menerangkan, belum ada arahan mal akan dibuka. Ketua APPBI Stefanus Ridwan mengatakan, tidak akan memaksaakan pembukaan mal dan tidak akan melangkahi keputusan Anies dan pemerintah tersebut.



"Sebenarnya kita ikuti aturan pemerintah dan keputusan pak Anies kalau dibuka, ya buka kalau enggak ya kita nurut. Kita juga enggak ada memaksa mal buka 5 Juni 2020. Kita juga tahu kalau Gubernur enggak mengizinkan, mana bisa (buka mal)," kata Stefanus saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Dia melanjutkan, saat ini terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah begitu juga dengan Pemerintah Pusat. Hal ini untuk menentukan keputusan untuk pembukaan pusat perbelanjaan. "Kita ingin keputusan yang terbaik aja," jelasnya. (Baca juga: 60 Mal di DKI Jakarta Siap Dibuka 5 Juni 2020, Ini Daftar Lengkapnya)

Sebagai informasi, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah belum memiliki rencana membuka kembali pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta per 5 Juni 2020 nanti. Ia bilang pemerintah saat ini masih mengantisipasi adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang masih berlangsung sampai 4 Juni 2020.

"DKI Jakarta masih PSBB sampai Kamis (4/6/2020), belum ada rencana lain, menunggu PSBB dua pekan ini,” kata Airlangga.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top