Sandi Uno Kumandangkan Merdeka Tentukan Cita-cita, Tak Terkecuali Anak Pedagang Kecil

Senin, 16 Agustus 2021 - 02:33 WIB
loading...
Sandi Uno Kumandangkan Merdeka Tentukan Cita-cita, Tak Terkecuali Anak Pedagang Kecil
Menparekraf Sandiaga Uno ingin kumandangkan merdeka dalam menentukan cita-cita kita dan menggapainya di Hari Kemerdekaan ke 76. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan 1.000 beasiswa kepada anak-anak para pedagang kecil . Sandiaga Uno ingin memastikan para penerus bangsa bisa merdeka dalam menentukan cita-citanya.

Kegiatan pemberian beasiswa ini bekerja sama dengan Kahmipreneur. Pemberian beasiswa dilakukan secara virtual dan diikuti para pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah.

"Tadi dari hasil interaksi dengan para penerima beasiswa mulai dari Aceh sampai Papua dirasakan. Begitu beratnya keadaan ekonomi yang dipicu oleh pandemi. Banyak dari pedagang-pedangan kecil yang kehilangan mata pencahariannya," ujar Sandiaga Uno saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (15/8).



Sandiaga Uno lantas menceritakan beberapa pelajar dan mahasiswa yang terhambat pendidikannya lantaran permasalahan ekonomi. Satu di antaranya seperti yang dialami Aurora.

"Adinda Aurora dari Pontianak yang harus mengubah cita-citanya menjadi dokter karena tidak memiliki biaya. Berkat beasiswa dari Kahmipreneur ini, alhamdulillah semangat lagi adik Aurora kita dan tetap sekarang ingin melanjutkan studinya untuk menjadi dotker," ucap Sandiaga.

Dia pun lantas hendak memastikan di momentum perayaan HUT ke-76 RI ini, anak-anak Indonesia dapat merdeka dalam menentukan cita-citanya. Terlebih, tema dalam perayaan HUT ke-76 RI kali ini adalah 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

"Oleh karena itu, di Hari Kemerdekaan ke 76, merdeka yang ingin kita kumandangkan adalah merdeka dalam menentukan cita-cita kita dan menggapainya," kata dia.



Sandiaga juga berharap agar kegiatan semacam ini juga diikuti oleh para donatur lainnya. Sehingga, anak-anak Indonesia dapat menuntaskan cita-citanya tanpa perlu khawatir kekurangan biaya.

"Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh diwujudkan dengan saling berbagi dan beasiswa ini adalah wujud nyata dari Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. Merdeka," tuturnya.

Adapun pemberian bantuan beasiswa ini merupakan gelombang ketiga. Kegiatan pemberian beasiswa ini telah digelar sejak tahun lalu.

Sementara, total kuota beasiswa yang diberikan yaitu sebanyak 1.000 pelajar yang sudah diseleksi dari 34 provinsi. Sasaran dari penerima beasiswa ini adalah pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa dan anak yatim karena terdampak pandemi COVID-19. Utamanya adalah anak dari pedagang kecil.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)