Pemerintah Sulap Kapal Laut Jadi Tempat Isolasi Terpusat di Medan

Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:00 WIB
loading...
Pemerintah Sulap Kapal Laut Jadi Tempat Isolasi Terpusat di Medan
Kapal Pelni di Medan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat penanganan Covid-19. FOTO/Humas Kemenhub
A A A
JAKARTA - Penyediaan kapal sebagai tempat isolasi terpusat dan terapung (isoter) merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Erick Tohir dan Walikota Medan Bobby Nasution meninjau pelayanan isolasi terpusat (isoter) terapung KM Bukit Raya, di Pelabuhan Belawan Medan, Sabtu (21/8/2021).

“Awalnya isoter hanya ada di darat. Dengan adanya kapal-kapal Pelni yang sementara tidak beroperasi, kami manfaatkan untuk tempat isoter. Di Makassar, pelaksanaan isoter berjalan sukses. Dari 50 orang yang melakukan isoter di kapal, dalam lima hari sudah bisa sembuh. Karena di isoter ada udara yang mengandung klorin, yang bisa menstilmulus dan memepercepat kesembuhan,” Kata Budi melalui keteranngan yang diterima MPI, Minggu (22/8/2021).



Menhub mengatakan, mengajak seluruh pihak dan masyarakat untuk memanfaatkan dengan optimal kapal isoter ini.

“Kapal Bukit Raya milik PT. Pelni yang dijadikan tempat isoter di kota Medan, memiliki sekitar 450 tempat tidur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Medan dan sekitarnya, yang terpapar Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan,” paparnya.

Menurut Menhub, dengan melakukan isoter, diyakini dapat mempercepat kesembuhan penderita Covid-19 dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah, yang berpotensi menimbulkan kluster keluarga.

“Sampai saat ini sudah ada 7 (tujuh) pemda yang memanfaatkan 6 kapal isoter ini yaitu : Makassar, Bitung, Minahasa Utara, Sorong, Jayapura, Lampung, dan Medan. Dan kami (pemerintah) telah menyiapkan 10 s.d 12 kapal lagi yang akan diprioritaskan bagi daerah yang memiliki kasus Covid-19 yang tinggi,” pungkasnya.

Menhub menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN, PT Pelni, Pemerintah Kota Medan yang telah mendukung penyelenggaraan kapal isoter di kota Medan.



Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengajak masyarakat yang membutuhkan tempat isolasi agar jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan kapal isoter karena standarnya sudah sangat baik mulai dari tenaga kesehatan dan obat-obatan yang terjamin.

Walikota Medan Bobby Nasution menambahkan sangat terbantu dengan adanya kapal isoter, karena pihaknya sangat membutuhkan tempat isolasi terpusat untuk mempercepat penanganan Covid-19 di kota Medan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)