Mentan Syahrul Yasin Limpo Cetak SDM Pertanian Muda Papua

Jum'at, 03 September 2021 - 17:30 WIB
loading...
A A A
(Baca juga:Saat Petani Milenial Cerita ke Presiden Soal Prospek Cerah Bertani Porang)

“Kehadiran Pak Menteri telah memberikan spirit bagi kita semua untuk membangkitkan potensi yang ada. Sebab selama ini kita sudah terkena dan terhipnotis dengan tambang. Padahal sebanyak 70% rakyat Papua menikmati hasil pertanian,” katanya.

Musaad menambahkan Papua merupakan daerah pertanian yang sangat luas, yang bisa menjadi lumbung pangan nasional di masa mendatang. “Penduduk kita hidup di daerah hutan dan pinggiran. Mereka masih banyak yang bercocok tanam dengan cara lama, belum tersentuh dan belum mengenal teknologi. Tapi saya yakin dengan kehadiran Pak Menteri ini bisa membangkitkan kembali sektor pertanian di tanah Papua,” katanya.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua (BPTP Papua) Martina Sri Lestari mengatakan kualitas SDM muda Papua perlahan tapi pasti mulai meningkat, karena Kementan dan Pemda Papua fokus melakukan bimbingan teknis dan pendampingan kewirausahaan.

“Mereka (petani milenial) sudah siap terjun di lapangan untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Mereka sudah kita bekali ilmu kewirausahaan, menjalin kemitraan usaha dan menerapkan konsep pembiyaan dan mengerti cara pemasaran,” katanya.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)