Merger Bikin Pelindo Jadi Operator Terbesar ke-8, Fakta Lainnya?

loading...
Merger Bikin Pelindo Jadi Operator Terbesar ke-8, Fakta Lainnya?
Merger akan membuat Pelindo menjadi salah satu operator pelabuhan terbesar. Foto/SINDOnews
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo akan melakukan penggabungan perusahaan alias merger menyusul pengumuman resmi dari pemerintah. Rencananya, proses merger tersebut dilakukan pada 1 Oktober 2021.

Penggabungan tersebut akan membuat keempat perusahaan BUMN pelat merah, yakni PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), dan PT Pelindo IV (Persero) akan menjadi satu perusahaan. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sejalan dengan program strategis pemerintah untuk memaksimalkan integrasi keempat perusahaan tersebut.

Baca juga: Merger Pelindo Jadi Solusi Persoalan Industri Kepelabuhan

"Kami sedang menunggu peraturan pemerintah yang menjadi dasar hukum merger 4 pelabuhan milik BUMN," kata Tiko, sapaan akrabnya, belum lama ini.



Tiko mengaku telah menyiapkan pihak-pihak berkepentingan baik dari jajaran kementerian, direksi, hingga konsultan untuk mewujudkan merger tersebut

Inilah 4 fakta seputar mergernya Pelindo, yang dikupas MNC Portal berikut ini:

1. Operator Peti Kemas Terbesar ke-8

Sebelumnya Tiko menuturkan bahwa proses merger ini dapat membuat kedudukan perusahaan operator terminal peti kemas berada di level global dan mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.
Pelindo diyakini akan menjadi opeator peti kemas terbesar ke-8 di dunia, sebagaimana pernah disampaikan oleh Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono.

2. Memiliki 4 Subholding
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top