Erick Thohir Sindir BUMN Terlena dengan Subsidi Negara: Kalau Bangkrut kan Disuntik Pemerintah

Jum'at, 17 September 2021 - 20:31 WIB
loading...
Erick Thohir Sindir BUMN Terlena dengan Subsidi Negara: Kalau Bangkrut kan Disuntik Pemerintah
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengakui sejumlah perusahaan negara acapkali terlena dengan subsidi atau anggaran negara. Salah satunya skema Penyertaan Modal Negara (PMN) yang ramai-ramai diajukan manajemen perseroan.

Pemegang saham menyadari persepsi manajemen 'BUMN bangkrut akan disuntik pemerintah' berdampak buruk bagi operasional perusahaan. Akibatnya, BUMN dinilai tidak bisa bersaing di pasar terbuka.

Kendati demikian, Erick memastikan pemahaman seperti itu tidak diinternalisasikan lagi dan akan terus mendorong transformasi perusahaan agar bisa bersaing di pasar terbuka.

"Kita juga harus sadari banyak sekali BUMN ini juga terlena. Karena punya persepsi 'kan saya kerja di BUMN, kalau bangkrut kan disuntik pemerintah lagi. Di era sekarang, no, tidak boleh lagi, bahwa kita ingin memastikan bahwa BUMN itu bisa bersaing di pasar terbuka," ujarnya, Jumat (17/9/2021).



Pemegang saham pun mengungkapkan empat indikator transformasi yang terjadi di perusahaan negara. Salah satunya, meningkatkan kontribusi dividen, pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Erick memaparkan, implementasi program transformasi BUMN tidak semata-mata dilihat dari peleburan, restrukturisasi, hingga pembentukan klaster berdasarkan bisnis inti perusahaan. Namun, dilihat dari kontribusi BUMN terhadap negara dan perekonomian bangsa.

Menurut dia, paling tidak perseroan mampu meningkatkan kontribusinya dibandingkan tahun-tahun lalu. Selama 10 tahun terakhir, kontribusi BUMN mencapai Rp3.290 triliun yang terdiri dari setoran pajak, PNBP, dan dividen.

"BUMN-nya sendiri tadi dividen 20 perusahaan dari 108, dan sekarang dari 41 perusahaan (pemberian dividen) 20 perusahaan juga yang dividen," urainya.



Pemegang saham juga memastikan rantai pasok dan ekosistem perusahaan tetap terjaga agar bisa efisiensi dan sehat. Harapan ini menjadi indikator kedua, di mana BUMN bisa bersaing dalam iklim pasar yang terbuka.

Ketiga adalah Public Service Obligation (PSO) BUMN. Aspek ini terkait dengan pelayanan BUMN kepada masyarakat, pemegang saham menginginkan adanya efek positif kinerja perusahaan terhadap masyarakat luas.

Keempat, terkait dengan kepemimpinan di internal BUMN. Erick meminta agar manajemen tetap melanjutkan program transformasi yang sudah dilakukan manajemen sebelumnya. Penegasan ini disebabkan adanya program yang tidak berkelanjutan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)