Soal Ekosistem Digital, Erick Thohir Ingatkan BUMN Agar Tak Kalah saing

Sabtu, 18 September 2021 - 18:01 WIB
loading...
Soal Ekosistem Digital, Erick Thohir Ingatkan BUMN Agar Tak Kalah saing
Menteri BUMN meminta perusahaan pelat merah terus memperkuat hilirisasi industri digital. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan perusahaan-perusahaan milik negara untuk mengantisipasi gelombang kedua industri digital di dalam negeri. Erick meminta perusahaan pelat merah agar terus memperkuat hilirisasi industri digital.

Sejak tahun ini, tegas Erick, transformasi digital BUMN sudah harus dilakukan. Dia mengatakan, transisi digital gelombang kedua diperkirakan terjadi dalam 3-5 tahun ke depan.



"Jadi, kalau kita tidak memaksa diri kita untuk masuk di ekosistem digital, kita dosa sama negara kita. Karena kita membiarkan negara kita kalah bersaing," ujar Erick, Sabtu (18/9/2021).

Erick pun mengingatkan bahwa cepat atau lambat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju guna membahas gelombang kedua industri digital dalam negeri.



Pengembangan dan penguatan ekosistem digital akan dilakukan secara agresif. Pemerintah pun fokus pada program-program digitalisasi, tidak saja direalisasikan di kawasan urban atau perkotaan, namun juga di daerah pedesaan.

"Dan tentu dengan program-program yang sedang diluncurkan juga. Pak Johnny (Menkominfo) memastikan, kalau dulu PLN listrik masuk desa, kalau sekarangkan teknologi masuk desa," ujarnya.

Erick menegaskan, teknologi menjadi bagian penting dari pembentukan digitalisasi desa. Program itu sekaligus menguatkan ekosistem digital yang dibidik pemerintah.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2469 seconds (0.1#10.140)