Gapki Proyeksikan Ekspor Sawit Tahun Ini Capai Rp400 Triliun

Jum'at, 24 September 2021 - 18:30 WIB
loading...
Gapki Proyeksikan Ekspor Sawit Tahun Ini Capai Rp400 Triliun
Ekspor sawit tahun ini diyakini masih kuat dengan proyeksi mencapai nilai Rp400 triliun. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia ( Gapki ) memastikan sektor kelapa sawit akan tetap menjadi tulang punggung ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Klaim itu ditunjang kinerja industri sawit yang hingga Juli 2021 terus menunjukan tren positif, baik produksi, pasar domestik, maupun ekspor.

Bahkan, sampai dengan Juli 2021, ekspor sawit telah menyumbang sebesar USD18 miliar (sekitar Rp252 triliun), tumbuh 155% dibanding tahun 2020.



"Diperkirakan di tahun 2021, ekspor sawit akan mampu mencapai USD29 miliar atau sekitar lebih dari Rp400 triliun," ujar Ketua Umum Gapki Joko Supriyono dalam acara Gerakan Vaksinasi 7 Juta Warga Perkebunan dan Desa Produktif yang dilakukan secara virtual, Jumat (24/9/2021).

Joko menambahkan, operasional perkebunan sawit di tengah pandemi ini berjalan relatif normal dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Oleh karenanya, seluruh warga perkebunan, masyarakat desa sekitar perkebunan dan petani sawit yang merupakan bagian dari rantai pasok tetap mendapatkan penghasilan yang baik apalagi ditopang dengan harga TBS yang relatif tinggi.



"Kami sangat mendukung kebijakan pemerintah untuk melakukan percepatan vaksinasi, khususnya yang menyasar pada warga perkebunan, masyarakat desa produktif sekitar perkebunan yang lokasinya jauh di pelosok. Kami (perkebunan sawit) yang lokasinya di pelosok siap bekerja sama dan membantu gerakan percepatan dan perluasan vaksinasi tersebut," tuturnya.

Joko melanjutkan, gerakan vaksinasi ini akan meningkatkan herd immunity (kekebalan komunitas) di sektor perkebunan dengan seluruh rantai pasoknya sehingga akan menjamin pemulihan ekonomi di daerah juga akan berjalan lebih cepat.

"Kami yakin dengan gerakan vaksinasi ini akan meningkatkan kekebalan perkebunan dengan seluruh rantai pasoknya. Dengan demikian program percepatan peremajaan sawit rakyat juga dapat berjalan lancar," tuturnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5988 seconds (0.1#10.140)