Siap-siap Bunda, PeduliLindungi Bakal Diterapkan di Pasar Rakyat

loading...
Siap-siap Bunda, PeduliLindungi Bakal Diterapkan di Pasar Rakyat
Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi (dua kanan) saat mengunjungi mengunjungi Pasar Badung di Denpasar, Bali, Sabtu (25/9/2021). Foto/Dok Kemendag
JAKARTA - Penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang selama ini sudah berjalan di pusat perbelanjaan modern atau mal juga bakal segera diterapkan di pasar-pasar tradisional alias pasar rakyat.

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat mengunjungi Pasar Badung di Denpasar, Bali, Sabtu (25/9/2021). Menurut Mendag, pemerintah ingin memastikan pasar rakyat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung dari penularan Covid-19 sehingga dapat menggerakan ekonomi.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi di sejumlah lokasi pasar rakyat.

“Ada beberapa pasar rakyat yang akan diuji coba dengan memperhatikan tingkat vaksinasi pedagang dan pengelola pasar rakyat,” ungkapnya, dikutip Minggu (26/9/2021).



Baca juga: Kunjungi Pusat Belanja di Bali, Mendag Senang Kepatuhan PeduliLindungi Capai 81,71%

Pria yang pernah menjadi Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) itu menjelaskan, terdapat beberapa pertimbangan pelaksanaan uji coba penerapan aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat.

Antara lain, pedagang dan pengelola pasar rakyat sudah tervaksin 100 persen. Selain itu, pasar rakyat telah menerapkan protokol kesehatan sesuai rekomendasi Kemendag.

Pada pasar rakyat juga memiliki akses pintu masuk dan keluar yang dapat dikontrol pengelola, serta memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam penerapan protokol kesehatan dan menyediakan sumber daya manusia dalam penerapan aplikasi PeduliLindungi.

“SOP PeduliLindungi sangat penting agar dapat berdampingan dengan Covid-19 karena pandemi ini tidak akan cepat selesai dan kegiatan ekonomi dapat berjalan kembali,” tutur Mendag.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top