Teknologi Digital Bikin Pendatang Baru Mampu Saingi Brand Besar

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 07:54 WIB
loading...
Teknologi Digital Bikin Pendatang Baru Mampu Saingi Brand Besar
Brand kecil sangat terbantu dengan adanya teknologi digital. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kehadiran teknologi digital memang semakin memudahkan sebuah brand untuk memasarkan produknya kepada calon konsumen, kapan pun dan di mana pun. Dengan teknologi digital pula brand kecil kini dapat bersaing dengan brand besar di pasar yang sama, seperti marketplace misalnya.

Untuk menjadi pilihan konsumen di tengah ribuan brand sejenis, sebuah brand harus memiliki brand awareness atau dikenal oleh calon konsumen. Pun harus punya brand value atau nilai yang didapatkan oleh konsumen ketika memilih brand tertentu.



Brand value itu apakah harganya yang kompetitif, kualitasnya yang lebih baik, atau keunggulan lain dari sebuah brand.

Salah contoh sukses brand pendatang baru yang mampu bersaing di tengah sengitnya persaingan pasar kosmetik di Indonesia adalah Oh My Skin, kosmetik berbahan organik. Dari riset Brand Choice Award 2021, brand ini berhasil menjual puluhan ribu produknya di dua marketplace teratas di Indonesia.

Diana Fatimah Azzahro, Direktur Utama Oh My Skin, mengungkapkan keberhasilan tersebut berkat inovasi dan kreativitas dalam memanfaatkan platform digital media sosial, seperti Instagram dan TikTok untuk menjaring calon konsumen.

Beragam aktivitas yang dijalankan di media sosial, seperti review produk dan memasarkan langsung berbagai produk yang dimiliki, terbukti efektif mengiring calon konsumen untuk mengunjungi official sotre yang dimiliki untuk membelinya secara online.

Kesuksesan sebuah brand dalam memanfaatkan platform digital juga diraih oleh Mooimom. Brand produk peralatan perawatan bayi itu berhasil menjual puluhan ribu produk di dua marketplace teratas di Indonesia.

Keberhasilan brand yang satu ini berkat strategi yang dilakukan, yakni Integrated Marketing Communication (IMC) atau komunikasi pamasaran terpadu untuk mengkomunikasikan pesan yang sama di semua saluran pemasaran, terutama media sosial yang dimiliki.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, mengungkapkan, persaingan brand di era digital semakin lengkap dengan hadirnya platform e-commerce atau marketplace. Melalui platform tersebut, konsumen dapat memanfaatkan tools, seperti search, rating, ataupun review. Pilihan dan informasi tersebut membuat konsumen menjadi lebih mudah dalam memilih suatu produk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)