Studi: Negara Berkembang Kena Jebakan Utang Rp5.390 Triliun ke China

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 10:07 WIB
loading...
A A A
Utang ini sering tidak muncul di neraca pemerintah negara, tetapi banyak yang dijamin oleh pemerintah mereka, mengaburkan batas antara utang swasta dan publik dan menciptakan tantangan fiskal bagi negara. Jaminan ini bisa eksplisit, atau implisit — dalam tekanan publik atau politik itu bisa memaksa pemerintah untuk menyelamatkan perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan.

Para peneliti menemukan bahwa kewajiban utang negara-negara ini ke China secara signifikan lebih besar daripada perkiraan lembaga penelitian internasional, lembaga pemeringkat kredit, atau organisasi antar pemerintah. Laporan tersebut mengklaim bahwa 42 negara sekarang memiliki eksposur utang publik ke China yang melebihi 10% dari PDB mereka.



"Utang ini secara sistematis tidak dilaporkan ke Sistem Pelaporan Debitur (DRS) Bank Dunia karena, dalam banyak kasus, lembaga pemerintah pusat di negara berpenghasilan rendah dan menengah bukan peminjam utama yang bertanggung jawab untuk pembayaran kembali," kata laporan itu.

"Kami memperkirakan bahwa rata-rata pemerintah tidak melaporkan kewajiban pembayaran aktual dan potensial ke China dengan jumlah yang setara dengan 5,8% dari PDB-nya," tambah laporan tersebut. AidData menilai bahwa pengelolaan utang tersembunyi ini telah menjadi "tantangan besar" bagi banyak negara yang terkena dampak.

"Masalah 'utang tersembunyi' bukanlah tentang pemerintah yang mengetahui bahwa mereka perlu membayar utang yang tidak diungkapkan (dengan nilai moneter yang diketahui) ke China daripada tentang pemerintah yang tidak mengetahui nilai moneter dari utang ke China yang mungkin atau tidak, harus mereka bayar dengan layanan di masa depan," tambah peneliti.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2664 seconds (0.1#10.140)